ada yang radang tenggorokan??

jika kamu merasa sakit saat menelan, suara menjadi serak, batuk, sakit pada otot dan sendi, keluar cairan ingus, mulut berbau tidak sedap, dan sebagainya..berhati2lah..itu adalah tanda2 penyakit radang tenggorokan![waduh, knapa jadi kaya iklan layanan masyarakat gini..dacu: wikipedia]

hmm,,itulah yang saya rasakan skarang ini..terasa sakit saat menelan..tapi rasanya niy tenggorokan sepet banget!!kering..mau dilewatin air, apalagi sirup jeruk..[lah, itu sih maunya!!inget,,lagi puasa!!]

kok bisa siy..?Faringitis, bahasa kerennya radang tenggorokan, adalah sebuah penyakit yang menyerang tenggorokan atau faring. Radang ini bisa disebabkan oleh virus atau kuman streptococus beta hemolitikus, disebabkan daya tahan yang lemah. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif apabila karena terkena kuman. Gejala radang tenggorokan seringkali merupakan pratanda penyakit flu atau pilek [ya, Allah..aku ga mau pilek..!].

cara paling murah dan sederhana yaitu dengan istirahat yang cukup n makan makanan yang bergizi..karena sebenernya radang tenggorokan itu bisa sebuh sendiri meski ga diobati..oia, seorang kawan juga bilang, kalo mau sembuh yaa banyak2 minum air putih!!

nb: hati2, kalo balita yang terserang penyakit ini harus segera diobati karena umumnya penyebab penyakit ini pada balita akibat kuman..kalo ga diobati bisa jadi penyakit pernafasan yang akut, klainan ginjal, bahkan penyakit jantung..itu kata milis nikita!!

pokoknya, sehat itu lebih baik daripada sakit!!jadi, syukurilah..!!

10 responses

  1. itu tandanya anda terserang flu.. dan kurang minum air putih om/mba…. :Dcoba minum obat flu, atau ke dokter deh.. soalnya kalow dibiarin bisa jadi radang tenggorokan.. dan akhirnya bisa gak bisa bangun.. hahaha.. ini penyakit rutin saya soalnya.. dan hindarin makanan yang mengandung zat perasa yang kuat… kayag mie instan dan sejenis nya… banyak makan sayur yg d rebus dan minum susu putih kental.. minum vit c dn istiraha yang cukup.. end the end.. kerjaan gak selesey kebanyakan tidur… aaahhhh… tiiidakkk… hahahaha

  2. armend28 said: itu tandanya anda terserang flu.. dan kurang minum air putih om/mba…. :Dcoba minum obat flu, atau ke dokter deh.. soalnya kalow dibiarin bisa jadi radang tenggorokan.. dan akhirnya bisa gak bisa bangun.. hahaha.. ini penyakit rutin saya soalnya.. dan hindarin makanan yang mengandung zat perasa yang kuat… kayag mie instan dan sejenis nya… banyak makan sayur yg d rebus dan minum susu putih kental.. minum vit c dn istiraha yang cukup.. end the end.. kerjaan gak selesey kebanyakan tidur… aaahhhh… tiiidakkk… hahahaha

    ya..yaa..makasih atas sarannya!!makan sayur rebus emang lagi jarang dilakukan neh..tapi untuk minum susu putih kental,, sepertinya ga akan!!

  3. lihatbintang said: cepet sembuh ya…biar bisa dateng ifthor kabar….^_^v

    makasih mba..tapi kok skarang makin parah aja yaa?!jadi batuk, flu, pusing, demam..yaa, semoga bisa ikut ifthor kabar yaa!!

  4. lenizuleni said: leni juga lg radang tenggorokan…tp masih sulit ikutin saran mbak tuk istirahat cukup… ^_^

    aku juga blom ikutin saran itu kok..hehe ^^vskarang aja masih harus ke kampus, padahal gada kuliah..hiks!

  5. dari 16 hari puasa, aku kena radang ples batuk selama 13 hari…how bad is that? tapi ada hikmahnya juga sih….hehehe. BTW..beberapa hari sebelum puasa, ada bapak2 yang udah tua ndatengin aku waktu aku lagi didepan toko buku toga mas..dia bilang mau ke Kaliurang tapi uangnya tinggal 2rb. nah dia nawarin, suruh beli buku yang baru aja dia beli di togamas dengan harga 10rb..katanya untuk ongkos ngebis. Tau nggak judulnya : “Tetap bahagia di saat Sakit” ..well that’s my story..have a nice day akuai…semoga diberi kesehatan…

  6. bionicers said: dari 16 hari puasa, aku kena radang ples batuk selama 13 hari…how bad is that? tapi ada hikmahnya juga sih….hehehe. BTW..beberapa hari sebelum puasa, ada bapak2 yang udah tua ndatengin aku waktu aku lagi didepan toko buku toga mas..dia bilang mau ke Kaliurang tapi uangnya tinggal 2rb. nah dia nawarin, suruh beli buku yang baru aja dia beli di togamas dengan harga 10rb..katanya untuk ongkos ngebis. Tau nggak judulnya : “Tetap bahagia di saat Sakit” ..well that’s my story..have a nice day akuai…semoga diberi kesehatan…

    yuph, that’s so bad!! skarang dah sembuh blum??ramadhan emang penuh hikmah neh..bukunya udah dibaca mas??smoga sehat smuanya..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s