Masih harus banyak belajar MEMASAK!

Bagaimana menanak nasi?
Pertama, ambil 2 liter beras, masukkan dalam panci, bersihkan beras dari batu dan gabah..
Kedua, cuci beras tersebut di air yang mengalir..
Ketiga, tambahkan air ke dalam panci.pastikan beras terendam dan air yang ditambahkan sudah dalam takaran yang tepat..
Keempat, beras dimasak hingga menjadi aron [eh,bener ga yaa?] selama proses pengaronan (hayah!) beras diaduk agar tidak mengerak..
Kelima, beras yang telah menjadi aron dimasukkan ke dalam panci..
Keenam, jika sudah matang, nasi diangkat!
Tahapannya terlalu singkat dan kurang jelas!maaph,daku sulit menjelaskannya..

Hmm,kesan hari ini:
ayoo terus blajar masak!biar puas,puas,puaaaas!!

17 responses

  1. pertama…betul…kedua….jangan terlalu sering juga dicuci…nanti hilang sari-sarinya…bukan “sari” mba yaa…ketiga…takaran airnya itu 1 setengah dari jumlah berasnya…kalo biasa di rumah itu, tinggi air satu setengah lebih tinggi dari tinggi beras….keempat..betul..tapi kalo ana biasanya tidak diaduk-aduk terus ketika diaronin….cuma di awal, ama di akhir aja….soalnya kerak-kerak yang nempel di panci biasanya enak loh…gurihkelima…betul, langsung di tanak aja…keenam…coba ditambahin pandan waktu di tanak, biasanya jadi lebih wangi…pernah nyoba kok….pastinya enak deh….ho3

  2. Hmm..blajar masak nasi y..klo aku mah nyari gampangnya aj,,masak pake rice cooker!Palingan tinggal nyuci beras aj,trus langsung di klik tombol u masak nasinya, tmbol cook..Nanti klo udh mateng,tmbolnya ganti sndiri jd tmbol warm, skalian sbg pnghangat..Sambil nunggu nasi mateng, qta bkin deh lauknya..Masak apa hr ni ka u mkan siang?

  3. kalo pake rice cooker, itu ada rasa yang ilang loh sebetulnya…waktu ana di kampung…masaknya juga bukan pake panci…dan bukan pake rice cookernya tentunya…pake alat tradisional yang ga tau namanya…wuidihh, rasanya…uenak tenan….

  4. wah bang dodi jago masak ya…saya sich di rumah jadi sie ngepel, nyuci, ama nyicipin…’enak gak mas’ kata ibu’enak kok”apaan,,kebanyakan garem gini”oh gitu ya bu??’hehehehebahaya kalo saya yang nyicipin…

  5. eh dirimukan orang jakarte bukan siy? kalo orang jakarte biasanya buat nasi uduk ama ulam tuh… nah kalo udah gape buat nasi, nah tambahin dah jurus nasi ulam dan uduk, ane siap dah jadi penguji makanannya, asal gratis aja😀

  6. cuma saran,,,nyuci berasnya jangan dengan air yang mengalir, nanti vitamin2 (atau zat gizi apanyalah itu) bisa hanyut terbawa aliran air itu…udah gitu,,, air bekas nyuci berasnya jangan dibuang… bagus buat nyiram tanaman =)

  7. farahzu said: udah gitu,,, air bekas nyuci berasnya jangan dibuang… bagus buat nyiram tanaman =)

    masa iyaa??waktu kuliah nutrisi tumbuhan dosennya ga penyarankan hal ini..kira2 apa yang terkandung dalam air beras yaa?!hmm..perlu dicari neh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s