25 Orang Terpilih

Muhasabah idealnya harus dilakukan setiap hari, bukan di waktu-waktu tertentu, misalnya hanya ketika akhir tahun. Akan tetapi, di pertengahan Desember ini, aku mulai melakukan evaluasi besar-besaran tentang perjalanan hidupku. Mengevaluasi apa yang telah, belum, dan akan ku lakukan. Evaluasi tersebut ku rasa perlu dilakukan, selain evaluasi harian. Ternyata, evaluasi ini tidak seleai dalam sehari, bahkan hingga kini aku masih merancang rencana-rencana besar dalam hidupku. Hingga momentnya terasa pas dengan pergantian tahun Hijriyah dan Masehi.

Salah satu program yang ku lakukan untuk mengevaluasi diri yaitu meminta pendapat beberapa orang teman tentang kelebihan dan kekuranganku, serta kritik atau saran mereka untukku. Mereka adalah 25 orang terpilih yang diberi kesempatan untuk menjawab sms dariku. Kenapa hanya 25 orang? Karena pulsaku terbatas*hehe * selain itu, ku pikir tidak usah terlalu banyak orang yang memberi penilaian, karena pertanggungjawabannya nanti akan lebih berat lagi. Apalagi kalo sampe sensi gara-gara sms yang tak kunjung dibalas. Dan mereka memang orang-orang terpilih, bukan terspesial. Karena bagiku, semua temanku memiliki sesuatu yang spesial, yang masing-masing memiliki rasa yang berbeda. Jadi, jangan khawatir jika kamu tidak mendapat sms dariku, bukan berarti kalian tidak memberikan arti dalam hidupku..

25 orang terpilih tersebut bukanlah orang-orang yang asal kupilih. Mereka memiliki latar belakang yang beragam. Mereka merupakan perwakilan dari beberapa peran spesifik seorang teman, yang terdiri dari keluarga*karena keluarga juga berperan sebagai teman*, teman SMP, teman SMA, teman ngaji, DF-an, mentee, teman di bio*tersebar di 4 angkatan yang berbeda*, teman di mipa, teman di fakultas lain hingga kampus lain, teman di lembaga, teman kerja/ partner kerja, pemimpin, teman yang aktif mengenalku di dunia maya, teman yang pasti membalas karena emang banyak pulsa, serta teman yang senang menjawab sms dari temannya. Tadinya mau minta masukan juga ke teman TK dan SD, tapi udah lost contact dan waktu yang terbatas. Tapi takapa, menurutku ini sudah cukup beragam. Perlu diingatkan sekali lagi, bahwa mereka memang orang-orang terpilih, tak terbatas pada usia, gender, kedekatan, atau seringnya intensitas pertemuan.

Ternyata program ini sangat menarik. Mulai dari menunggu sms yang masuk selama 1×24 jam setelah sms dikirim*karena itu merupakan salah satu syaratnya* hingga membaca sms-sms yang luar biasa. Dari 25 orang yang ku sms, sebanyak 17 orang memberikan balasan. Harapanku agar memperoleh pandangan yang berbeda dari teman-teman berlatar belakang yang juga berbeda tercapai sudah. Ada yang memberikan jawaban yang lengkap sesuai dengan permintaanku, ada yang hanya bisa memberikan kelebihanku karena kurang tahu kekuranganku, ada yang sulit memberikan kelebihan dan kekurangan, tetapi memberikan saran terbaiknya, hingga ada yang hanya mengkritik karena merasa program ini tak seharusnya dilakukan, hanya akan membuat seseorang kehilangan jati diri mereka yang sebenarnya. Penilaian mereka pun beragam, mulai dari menilai karakterku, penampilanku, akademikku, kinerjaku dalam organisasi, caraku bersikap, bahkan menilai kebiasaanku saat makan*ma’nyus!*

Sekali lagi, program ini sangat menarik. Dengan ini, aku mengetahui bagaimana orang lain menilaiku, menanggapiku, dan harapan mereka terhadapku. Tak bisa dipungkiri, bahwa kita adalah makhluk sosial, yang membutuhkan makhluk lain untuk tetap bertahan. Dan makhluk itu salah satunya adalah teman. Kita pun bukan makhluk yang bisa seenaknya bergerak. Karena di antara hak seseorang, ada hak orang lain yang juga harus dipenuhi. Bukannya ingin menuntut kesempurnaan, tapi sekadar berusaha membuat diri seseorang lebih baik lagi. Bukankah itu adalah keuntungan yang diharapkan dalam hidup? Dan bahwasanya, berkaca itu bukan hanya pada diri sendiri, tapi juga pada penilaian orang lain kepada kita.

Selamat mengevaluasi diri..!

Jangan takut untuk mengubah diri jika itu memang baik!

9 responses

  1. cahaya03 said: Kecewa!!!!karena tugasnya tidak diterima….huh!!!!kecewa..kecewa..kecewa….

    diterima kok kak..tapi cuma yang lewat sms aja..!!tapi kalo emang mau kirim lagi yaa silakan..!toh ga dikirim juga kaan??!

  2. akuai said: tapi kalo emang mau kirim lagi yaa silakan..!toh ga dikirim juga kaan??!

    he3…iya nih…semenjak mba ngomong ditutup, akhirnya sudah tidak total lagi ngerjainnya….cuma 1 halaman doang nih….ntar ana coba ah…tapi ke 2000 orang…kan ada pulsa sms gratis k 2000 orang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s