Jangan Cuma Menulis!!

Aku suka menulis. Tapi intensitasku untuk menulis lebih banyak dibanding membaca. Entah mengapa aku mengalami pergeseran hobi, dulu rasanya hobi banget baca buku atau cerpen. Tapi sekarang ini lagi agak males baca buku. Dalam sebulan, cuma bisa melahap dua buku (kecuali komik ^^v).

Ternyata, nulis aja ga cukup, tapi harus baca juga! Aku sadar betul kalau tulisan2ku sedikit sekali yang disisipi kutipan dari buku atau sumber ilmu lainnya. Bahkan, lebih banyak tulisan yang diisi oleh pendapat2 pribadi. Parah yaa! Jadi teringat materi yang disampaikan Ust. Herry Nurdi (pemred Sabili) waktu ada seminar Science di MIPA beberapa waktu yang lalu. Acara yang bikin pipi rasanya memerah, bukan karena tersipu malu, tapi karena terus tertampar oleh kata-kata beliau tentang ilmu. Sungguh aku malu atas kekurangan diri dalam hal mencari ilmu.

Dalam seminar itu, beliau menjelaskan 4 kriteria rusaknya ilmu pengetahuan, antara lain:

1. mengamalkan apa yang tidak diketahui

2. tidak mengamalkan apa yang diketahui

3. tidak mencari tau apa yang ingin dicari tau

4. membenci orang2 yang ingin diberi tau.

Menulis sesuatu yang bermanfaat itu emang ga gampang ya! Selama ini tulisan2ku hanya dibahas seadanya, karena ilmu yang juga seadanya. Tapi, sesuatu yang ga gampang itu bukannya ga bisa untuk dilakukan. Makanya harus mulai membiasakan diri untuk baca buku lagi, jangan sampe rusaknya ilmu pengetahuan muncul dari diri. Naudzubillah..

11 responses

  1. Agak lama nunggunya gapapa yaa!Lagi pengen lebih niat buat nulis yang bermanfaat..Kalo cuma asal nulis mungkin stengah jam jadi tulisan..Tapi mau lebih mengaji lagi suatu bahasan..Dan nyatanya, 1 jam cuma dapet 3/4 halaman.. Itupun belum selesai!Huff, smangad!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s