haruskah menghapus FaceBook ku??

setelah membaca tulisan disini, aku jadi mikir, haruskah aku menghapus akun facebook ku..?
antara masih ga yakin sama info yang beredar tentang ajakan untuk memboikot facebook dan miris melihat korban di Palestina terus berjatuhan, mungkin karena aku juga yang turut andil di dalamnya..apalagi kalo ngerasa dah enak banget main di facebook, secara teman2ku banyak yang bedol desa dari friendster ke facebook..
lalu, aku sedikit berdiskusi tentang hal ini dalam sebuah milis:

“terlepas dari FB adalah produk zionis,, menurut saya FB bisa juga jadi sarana kita untuk bisa membangun kedekatan dengan mereka lewat FB..walaupun tetap hubungan di dunia nyata juga harus dipertahankan..nah, kalo niatnya kaya gitu gimana??”

trus ada juga yang nambahin pertanyaan:

dan tdk bisa dipungkiri fb itu media publikasi yang luar biasa, cthnya saya banyak mempublikasikan SI3 kmrn ke wall tmn2.
mohon penjelasannya ya, sy takut sy yang salah,,

lalu, ada yang kasih saran begini:

ada dua pilihan buat ana…
1. kita keluar dari FB itu…atau
2. kita bisa memanfaatkan FB itu jauh melebihi maksiat yang bisa didapatkan.. .contoh, kalo misalnya Yahudi bisa dapat 300 juta dollar dari FB, maka kita harus bisa membuat orang-orang di FB menyumbangkan 400 juta dollar…he3. ..atau kebaikan-kebaikan yang lain yang optimal deh….
Yang pasti jangan menggunakan FB untuk yang tidak berguna…sekedar sapa2an atau lainnya deh….itu sih menurut ana….atau kalo mau, kita buat sendiri tuh macamnya facebook, friendster dan semacamnya.. (contohnya bisa dilihat disini)

trus ada lagi yang ngasih balasan (cukup dalem menurutku), dia bilang begini:

Memang benar kalo FB adalah communication tools yg luar biasa. Tp jika informasi yg disampaikan benar adanya, berarti secara disadari atau tdk qt telah terang2an menukar nyawa saudara2 qt, anak2 kecil dan bayi yg tdk berdosa, orang tua yg tak berdaya hanya dgn sematan menjalin silaturrahim, lain sebagainya. Na’udzublillah. . Sebenarny sy pun tdk yakin benar qt menjalin silaturrahim di FB, silaturrahim seperti apa?

Makna silaturrahim seharusnya qt kembangkan lg, tdk hanya saling menyapa, comment2an yg gak perlu sampe canda yg berlebihan. Seharusnya silaturrahim dimaknai sbg ungkapan cinta qt sbg seorang saudara yg senantiasa mengingatkan saudara qt utk senantiasa dekat kpd sang Kholik, menghibur kala ia sedih shg tumbuh semangat dalam dirinya untuk lebih baik lg ke depannya. Sebaik apapun komunikasi dlm dunia maya pasti sangatlah terbatas. Maka dari itu Rasulullah SAW begitu memahami karakter manusia dan teknologi yg akan berkembang jauh setelah ketiadaan fisik beliau.

Rasulullah SAW mengajarkan betapa silaturrahim/ ukhuwah itu bisa dicapai dalam 3 hal: perjalanan bersama, mabit bersama, dan berjual beli (ada yang bisa nyebutin secara lengkap haditsnya ga??). Bahkan ditambahkan dengan saling bertukar hadiah. Gak ada khan tersirat dgn dunia maya, ini bukan berarti di masa Rasulullah SAW tdk ada internet. Tetapi sekali lg, Rasulullah SAW adalah insan yg cerdas, yang memiliki pikiran yg visioner yg tdk dibatasi oleh waktu dan tempat, bukan insan yg selalu mencari pembenaran. Berbeda sgt jauh dgn qt.

Wasilah adalah sarana, kendaraan. Pertanyaannya, adakah wasilah yg digunakan oleh da’wah sebuah risalah yg mulia ini untuk menyakiti saudara qt sendiri? Dlm riwayat imam bukhori, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa ketika ada seorang manusia yg telah bersyahadat maka haram darahnya buat qt. Kewajiban qt adlah selalu menjaga jiwa dan hartanya.
Lalu, FB benarkah sbg wasilah da’wah? hati2 tiap qt memberikan pembenaran atas kekhilafan yg qt lakukan. Maka dari itu kenapa Islam mengajarkan qt untuk berani mengakui kekurangan dan kekhilafan dalam diri qt dibandingkan qt harus berjuang keras mencari alasan2 yg tepat. Pasti capek, Iya khan?

Akhirnya, seperti yg sy sampaikan di tanggapan pertama bahwa qt sudah di”penjara” oleh produk2 yahudi. Tetapi ikhwah, hrs ada tekad dan ‘azzam yg kuat untuk mulai mengurangi sedikit demi sedikit ketergantungan qt thd produk tsb. Dalam kaidah fiqh pun jika ada sesuatu yg ternyata bisa menggantikan sesuatu yg jelas tdk baik maka qt wajib beralih kpd produk subtitusi tsb.
dan ditutup dengan kalimat:

“Meninggalkan sesuatu yg jelas tdk baik lebih utama dibandingkan melakukan kebaikan untuk menutupi keburukan tsb. Krn qt tdk tahu apakah kebaikan yg qt lakukan diterima oleh Allah SWT atau tdk.”

hmm..
pada akhirnya, facebook ku masih belum dihapus..
entahlah, masih ada pergolakan batin (gaya beut!)
ada yang mau meyakinkanku??
atau ada yang mau berdiskusi tentang hal ini??

24 responses

  1. sebetulanya tidak hnya FB yg produk yhudi, ini MP pun salah satunya, skrg tinggal bagaimana kitanya saja sih, kl menurutku,hampir semua yg ada di net adalah link-nya ke zionis israel, jd….??

  2. faradisuly said: sebetulanya tidak hnya FB yg produk yhudi, ini MP pun salah satunya, skrg tinggal bagaimana kitanya saja sih, kl menurutku,hampir semua yg ada di net adalah link-nya ke zionis israel, jd….??

    spakatfesbuk adalah ‘salah satu’ media informasi teknologi yg diperuntukkan utk ‘semua’ pengguna internet, terlepas dari siapa yg menggagas..mau org yahudi, org Islam, Kristen dll…karena ‘dia hanya’ sebagai sarana..maka tergantung yang makai..bisa dipakai utk kebaikan atau kejelekan..seperti ibaratnya sebuah pisau..dia bisa dipakai utk membantu pekerjaan pun bisa dipakai utk membunuh, selama kita menggunakan FB utk kebaikan, utk sarana da’wah dan silaturahmi..saya rasa kita sah2sah saja… Kalau setiap hasil tekhnologi yg ada sekarang harus dikotak2kan dari siapa yg menggagas..maka selamanya dunia tdk akan maju.. kalau org2 yahudi dan kristen tdk mau memakai hasil tekhnologi dan rekayasa dari orang2 Islam..maka mereka jangan memakai ilmu kedokteran, matematika, astronomi dll..Jawabannyah Ummuzachra, rada di ubah dikit..heheh. Afwan yaak Mi..

  3. faradisuly said: sebetulanya tidak hnya FB yg produk yhudi, ini MP pun salah satunya, skrg tinggal bagaimana kitanya saja sih, kl menurutku,hampir semua yg ada di net adalah link-nya ke zionis israel, jd….??

    yuph..itu yang terus dibahas n menimbulkan pro n kontrakalo niat boikot, jangan tanggung2..tapi, apa kita bisa?? tetap ga bisa dipungkiri bahwa AS emang berkuasa dengan produk2nya..tapi kenapa saya lebih menyorot FB, karena emang ngerasa ga terlalu guna main di FB..cuma sekadar sayang aja kalo akunnya dibuang..apalagi udah ada DigLi yang buatan indonesia..*knapa jadi promosi gini?!*

  4. luvummi said: selama kita menggunakan FB utk kebaikan, utk sarana da’wah dan silaturahmi..saya rasa kita sah2sah saja…

    nah, masalahnya..yakin ga diah udah melakukan itu??ato cuma buat seneng2 doank..biar terlihat eksist..ini yang bikin aku dilema..*coba baca lagi tulisanku yang warna merah*

  5. sepakat mbak…DiGli pun tidak terlepas dari zionis israel.istilahnye neh, yang punya pasar tuh orang israel. cuman israel doank neh yang punya, trus bagaimana ya???saya gak jago di bidang telekomunikasi gini sich..jadi gak ngerti perjalanannya…jadi ust. diki nehkita harus berhati2 dalam memboikot, jangan ampe kita mengharamkan apa yang tidak haram, ternyata unilever itu punya belanda lho…sebetulnya ini masalah penetapan hukum suatu benda atau barang, nah itu masuk ranah ijtihad, jadi dalam http://amirkovic.wordpress.com/2009/01/09/facebook-membiayai-perang-di-gaza/#more-131 pun saya mengatakan kalo ini harus di angkat ketingkat para ULAMA..karena mereka yang bisa melakukan ijtihad..jadi kita harus teratur dalam bertindak… ada penekanan dalam surah al-baqarah ayat 173…hal yang di haramkan, bisa di mudahkan(gak jadi haram) bila dalam keadaan terdesak..nah sekarang terdesakkah kita??? bukan kita yang melakukan ijtihad tapi yang punya kapasitasnya.

  6. di nilai dari segi efektivitas untuk mengkampanyekan dukungan atau aksi simpati FB sy rasa baik..salah satu rahasia dari kemenangan Barrack Obama pun lwt kampanye nya di FB..Cb liat fakta ini, sebagian besar warga amerika sekarang adalah user FB..kl kita bisa membuat mereka jd sadar, simpati bahkan menyumbang bwt palestina bukannya lbh baik..masalah boikot perlu jg diketahui bahwa 70 % minyak di indonesia impor dari perusahaan minyak amerika (exxonmobile, chevron, dll) nah kl mau boikot gak tanggung2 harusnya jgn pake bensin, beserta seluruh komponen yg sumber energinya dari bensin…listrik contohnya…cb kl gitu, zaman rasul ketika sudah hijrah ke madinah dan ketika itu perang dengan kafir quraisy emang nya para sahabat berdagang sm siapa..??? hayo tebak.. dan jelas2 uangnya jg digunakan untuk memperkuat perlawanan thd islam…artinya bersikap bijak lah dalam masalah pemboikotan…

  7. oke..ane stuju…setelah berpikir panjang,,,ternyata ..memang benar ….kita gak kan mudah terlepas dari..produk2 yahudi…namun kita bisa untuk berusaha menguirangi nya…menurut ana setelah kmarin berusaha keras untuk menganjurkan teman 2 untuk menghapus akun Fbnamun setelah ia shere mengenai FB FB bs di ibarat kan sebuah hub jual beli antara kita dengan Penggagasnnya..terlapas siapa orangnya…yang pasti Bukan kah kita di Halal bermuamalah kepada Non muslim???terlepas hasil nya i2 di pergunakan untuk apa??allahua’lam..

  8. Kalau misalnya bisa seperti Cina tidak membolehkan menggunakan produk2 dari luar dan akhirnya menggunakan produk lokal tentunya akan bisa berkembang sendiri. Harusnya kalau mau totalitas menggunakan produk lokal harus mendapat dukungan dari pemerintah.

  9. arqomalifh said: Kalau misalnya bisa seperti Cina tidak membolehkan menggunakan produk2 dari luar dan akhirnya menggunakan produk lokal tentunya akan bisa berkembang sendiri. Harusnya kalau mau totalitas menggunakan produk lokal harus mendapat dukungan dari pemerintah.

    ini orang pengguna koprol sejati… buatan indo yah kalo nggak salah, jarang keliatan di fb

  10. pernah ada kajian, intinya sih jgn tll asyik pada yg halal… dan aku termasuk yg suka wasting time dg hal2 tsb.banyak banget emang dilemanya, apalagi ada jarkom kelas ama megang grup keputrian juga.. tapi semua emang ada konsekuensinya.. nggak bisa dipungkiri, fb bikin dakwah jadi lebih mudah, tapi insyaAllah dakwah bisa lewat mana aja.. aku jg bru nyoba deactive, biar masih bisa memantau kapan2 tanpa harus sering aksesjadi sebagai penyaluran hasrat ya perginya ke jejaring sosial non profit, dan yg adminnya nggak menganaktirikan agama

  11. mba, usul dari adri mungkin..kalo facebook dan MP buatan yahudi, maka kita bisa beralih ke situs blog buatan non yahudi.misalnya kita bisa pake millatfacebook.com.situs itu mirip facebook tapi bisa juga bikin tulisan kayak buletin gitu..trus kalo dipikir2 facebookan justru mempersempit ukhuwah kita..jadi kita hanya berinteraksi lewat dunia maya saja.hal ini berlaku kala kita berhubungan dengan teman2 yang seharusnya bisa kita temui langsung.kadang ada orang isi komen di facebook padahal temannya disamping persis atau dekat dengannya..

  12. adreem68 said: mba, usul dari adri mungkin..kalo facebook dan MP buatan yahudi, maka kita bisa beralih ke situs blog buatan non yahudi.misalnya kita bisa pake millatfacebook.com.situs itu mirip facebook tapi bisa juga bikin tulisan kayak buletin gitu..trus kalo dipikir2 facebookan justru mempersempit ukhuwah kita..jadi kita hanya berinteraksi lewat dunia maya saja.hal ini berlaku kala kita berhubungan dengan teman2 yang seharusnya bisa kita temui langsung.kadang ada orang isi komen di facebook padahal temannya disamping persis atau dekat dengannya..

    mending baca ini dulu😀http://ketapelgaza.multiply.com/journal/item/343

  13. adreem68 said: mba, usul dari adri mungkin..kalo facebook dan MP buatan yahudi, maka kita bisa beralih ke situs blog buatan non yahudi.misalnya kita bisa pake millatfacebook.com.situs itu mirip facebook tapi bisa juga bikin tulisan kayak buletin gitu..

    coba baca tulisan di sinikalo kata temen anak IT dari dosennya:Ini bukan masalah facebook,millatfacebook,atau bukan. Tapi, msalah siapa yg sbnarnya mmegang sluruh database itu..

  14. adreem68 said: trus kalo dipikir2 facebookan justru mempersempit ukhuwah kita..jadi kita hanya berinteraksi lewat dunia maya saja.hal ini berlaku kala kita berhubungan dengan teman2 yang seharusnya bisa kita temui langsung.kadang ada orang isi komen di facebook padahal temannya disamping persis atau dekat dengannya..

    tapi ga semua kok dri..facebook itu hanya sarana yg memudahkan..karena kadang ada temen yg ga keliatan di dunia nyata tapi di dunia maya aktif benerr.. jadi harus didatengin ke tempat dia. hehe..

  15. don4arok said: memang kalo kita lepas dari produk yahudi, ada ruginya ga untuk kita?

    utk saat ni, menurut sy ada. karena ga bisa dipungkiri, produk2 mereka udah merajalela di sini. kita punya penggantinya gaa? sayangnya, kita belum sehebat china tuh. maka, apa2 yang bisa diganti yaa diganti, kalo ga usah yaa dimanfaatkan sebaik mungkin aja..

  16. mujahidsamurai said: hmmm… gw jg jd pengen nulis ttg ini nih… hehehe… penjabaran (lumayan) panjang dari QN terakhir yg baru saja dipost.

    ditunggu tulisannya dim..

  17. arqomalifh said: Kalau misalnya bisa seperti Cina tidak membolehkan menggunakan produk2 dari luar dan akhirnya menggunakan produk lokal tentunya akan bisa berkembang sendiri. Harusnya kalau mau totalitas menggunakan produk lokal harus mendapat dukungan dari pemerintah.

    sepakat! ^^b

  18. berry89 said: pernah ada kajian, intinya sih jgn tll asyik pada yg halal… dan aku termasuk yg suka wasting time dg hal2 tsb.banyak banget emang dilemanya, apalagi ada jarkom kelas ama megang grup keputrian juga.. tapi semua emang ada konsekuensinya.. nggak bisa dipungkiri, fb bikin dakwah jadi lebih mudah, tapi insyaAllah dakwah bisa lewat mana aja.. aku jg bru nyoba deactive, biar masih bisa memantau kapan2 tanpa harus sering aksesjadi sebagai penyaluran hasrat ya perginya ke jejaring sosial non profit, dan yg adminnya nggak menganaktirikan agama

    okelah ^_~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s