Pidato Obama mengecewakan

Mengecewakan. Setidaknya itulah kesan yang ditangkap Azyumardi Azra setelah mendengar pidato Obama dalam pelantikannya sebagai presiden AS ke-44. Pernyataan itu disampaikannya dalam acara Barometer di SCTV dengan tema Obama dan Gaza. Aku sebenernya ga terlalu tertarik ngikutin jalannya pelantikan Obama, karena aku tau dia ga punya hati dengan membela Israel dibanding Palestina. Tapi hampir semua stasiun TV tanah air seolah ga mau ketinggalan untuk menayangkannya. Gonta ganti channel rasanya ga guna karena isinya sama aja. Yang beda mungkin diskusi dari tokoh2 yang akan kasih komentar seputar pelantikan itu.

Setelah pidato Obama selesai, aku asyik mengikuti diskusi di acara Barometer. Menarik, karena awalnya Bambang Harymurti, wartawan senior koran Tempo cukup senang karena dalam pidatonya, Obama sempat menyinggung tentang keseriusannya membina hubungan dengan umat muslim, terlebih ketika Obama menyebutkan umat muslim lebih dulu dibanding kaum yahudi. Tapi hal itu langsung disanggah oleh Azyumardi Azra, cendikiawan muslim sekaligus pemerhati TimTeng, bahwa sangat disayangkan ia tidak menyinggung Gaza sedikitpun secara Gaza udah jadi isu dunia. Minimal 1 kalimatlah kesebut kata Gaza.. Debatpun terjadi antara kedua komentator hingga akhirnya Azyumardi bisa meyakinkan Bambang bahwa pidato Obama mengecewakan.

Yaiyalah, kurasa Obama takut mempertanggungjawabkan ucapannya. Secara bukan cuma 2 juta penduduk AS yang dengerin janji2nya, tapi seluruh dunia. Mungkin menurutnya untuk pidato awalan, ga usah ngumbar janjilah.. Jadi kalo disuruh membela Palestina, Obama kudu mikir2 lagi. Emang dari awal jangan terlalu berharap deh kalo dia mau bela Palestina. 1/3 penduduk AS yang isinya orang2 Yahudi cukup bisa mengikat Obama untuk terus dukung Israel.

Hmm.. pada akhirnya ga mau kasih ucapan selamat buat Obama! Hanya ingin berdoa semoga Palestina ga terluka lagi!!

23 responses

  1. akuai said: Ahmadtaufiq merusak emosi aja neh.. ^____^v

    ^_^senyuuummenurunkan kadar emosional menjadi semangat positif…dah tau,bakalannya obama ma bush ga beda jauh2 amad…scara, USA dicengkeram Yahudikita perhatikan saja… tunggu dan terus menganalisa…

  2. Iyaa jo, belum sempat diedit lagi. Tapi udah dikoreksi tuh sama Tia *makasih bu..*oia,sy juga ga niat sebenernya buat nonton,tapi berhubung lagi tugas jaga malam jadi nyambi nonton tv deh..eh ternyata isinya Obama semua! Yowis, jadi ditonton deh tuh..

  3. wah..kalo nonton pelantikannya itu…subhanallah dah….coba bayangkan nantinya kalo seorang khalifah yang seperti itu….dikerumuni 2 juta orang….wow…subhanallah, kumimpikan ketika orang itu adalah seorang muslim nantinya…

  4. Hmm.. Sudah ku bayangkan..Dan bukan hanya 2 juta orang yang menyaksikan. Seluruh dunia menyambut haru sang khalifah baru. Diam. Ga mengangguk ataupun menggeleng. Khusyuk..*memadukan komentar cahaya03 dan syatianee*

  5. akuai said: Hmm.. Sudah ku bayangkan..Dan bukan hanya 2 juta orang yang menyaksikan. Seluruh dunia menyambut haru sang khalifah baru. Diam. Ga mengangguk ataupun menggeleng. Khusyuk..*memadukan komentar cahaya03 dan syatianee*

    dan berteriak sepenuh hati “ALLAHU AKBAR!!!”

  6. justru tambah parah walaupun dia nyinggung2 akan menarik prajurit di irak tapi diebutin jg masalah afghan..irak dah ancur sekarang pindah ke afghan, menurut info sih dia bakal ngirim 35000 tentara US untuk ‘menyelesaikan’ masalah afghan..justru dia bilang ‘.. kita dinilai bukan dari brapa banyak yang kita hamcurkan, tapi dari brapa banyak yg kita bangun..’ hayo nyinggung siapa nih..??? tampak nya ai kurang memperhatikan nih..memang dia mengucapkan kata moslem dan islam (katanya pertama kali dlm sejarah pidato ingurasi presiden) tapi banyak kata2 seperti teroris, pembantaiaan kepada warga2 sipil, dan lain2nya yg justru di arahkan ke pada beberapa negara moslem (secara tersirat)..terakhir ketika dia berpidato di AIPAC (Amerika Israel Public Affairs Committee) dia bilang “..attack on Israel, will be attack on Amerika..”Obama dapat menyelesaikan krisis gaza dengan adil..!!!! No Way..!!!

  7. empireoffaith said: tampak nya ai kurang memperhatikan nih..memang dia mengucapkan kata moslem dan islam (katanya pertama kali dlm sejarah pidato ingurasi presiden) tapi banyak kata2 seperti teroris, pembantaiaan kepada warga2 sipil, dan lain2nya yg justru di arahkan ke pada beberapa negara moslem (secara tersirat)..

    eh,eh.. ini kata2nya bambang harymurti tau..!comment saya dimulai dari kata “yaiyalah..” ^___^lagipula, emang sy ga nyimak banget kok pidatonya si Obama..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s