Serigala dan kambing nyasar

Aku akan ceritakan sebuah kisah, tentang seekor serigala dan kawanan kambing. Mungkin ini versi lain dari kisah2 serigala yang pernah ada. Kalo dulu, kita tau ada kisah serigala dan gadis berkerudung merah. Agak kurang jelas sih endingnya gimana. Tapi intinya, kelicikan serigala dibalas dengan kelicikan lagi. Atau mungkin inget juga kisah serigala dan 3 anak babi. Sang serigala dapat dikalahkan oleh strategi jitu seekor anak babi dalam membangun rumah, sehingga serigala itu ga bisa masuk ke rumah mereka. Gitu ga sieh? Hmm, lupa juga coz dah lama banget ga nonton kartun itu. Nah, ada juga neh cerita yang ga kalah populer. Tentang serigala dan Dora the explorer. Sweeper, sang serigala, hobi banget mencuri. Tapi karena Dora kerja sama dengan para penonton dan penonton akan bilang: oooi..! *Hehe, ga deh, itu mah kalo nonton lenong!* maka sweeper akan pergi dan ga jadi mencuri.

Dan kisah yang akan ku ceritakan ini mungkin belum banyak yang tau. Tapi kalo kalian hari ini ikut tatsqif di masjid AtTaqwa, PasMing, pasti tau cerita ini. Dikisahkan ada seekor serigala licik yang selalu kelaparan. Entah mengapa ia selalu tergiur untuk menerkam sekawanan kambing yang bergerak dengan teratur. Tapi sang serigala akan sangat kesulitan kalo kambing itu berkelompok. Yuph, kalo dalam makul IPH (Ilmu Perilaku Hewan) yang pernah ku ambil, perilaku berkelompok ini emang sangat menguntungkan. Salah satunya untuk menjaga kawanan dari musuh.

Emang dasar serigala itu licik, dia ga keabisan akal, selalu mencari cara untuk menaklukkan mangsanya. Dia ga akan langsung menerkam. Itu sih cara yang kuno banget. Serigala justru melancarkan aksi2 yang kadang, bahkan seringnya, memikat para kambing untuk keluar dari kelompoknya. Makanya, kambing2 itu emang harus siap siaga, karena rayuan serigala bisa berujung maut euy!

Kambing mana coba yang ga tergiur ditawarin lahan penuh rumput hijau nan segar? Ga ada kan kambing yang karnivor? Bisa2 dia makan daging sodaranya sendiri.. Wah2, ga boleh tuh! Ntar tukang sate juga demo lagi gara2 stok kambing berkurang. Hehe, ngaco! Tapi pastinya, kalo si kambing ga sadar kalo kelompok mereka akan menuju suatu lapangan luas tak terkira, penuh rumput hijau nan segar, ditambah dengan sungai yang mengalirkan air dengan kejernihannya, pastilah ia takkan tergoda oleh lahan sempit yang ditawarkan serigala.

Hmmmpf,,pada kenyataannya, adaa aja yang terhasut oleh sang serigala. Ia lalu memilih keluar dari kawanannya, berharap menghirup udara bebas dan makan sepuasnya, tanpa ada yang mengganggu. Sayang, info dari serigala ga gratis, Bing! Setelah kambing itu melepaskan diri *sebut aja kambing nyasar coz bergerak ga sesuai tujuannya* maka dengan mudah sang serigala menerkamnya. Dan serigala akan bersorak: Berhasil..berhasil..berhasil..horee!! *serigalanya sering nonton Dora juga rupanya..

Begitulah.. Silakan kalian analogikan sendiri cerita ini. Aku juga ga akan kasih tau hikmah apa yang terkandung di dalamnya. Banyak hikmah yang bisa kita petik, kawan. Apapun itu. Karena hikmah ibarat daun2 yang berserakan di jalan. Siapa yang mau bisa mengambilnya.

*makanya, jangan mancing serigala atuh..*

17 responses

  1. gak pake endingcerita yg kukasih tau i? hehe gajel..mo tau versi lain dari serigala dan si krudung merah..?begini ceritanya: sesampainya di rumah sang nenek, si krudung merah menyadari klo yg di ranjangnya beda,gak kayak neneknya..bermata besar, berhidung besar dan bermulut besar seperti serigala..pas ditanya neneknya yg asli dmn?srigala itu bilang, gak jauh kok darisini..keadaan malam itu tepat saat bulan purnama…ternyata neneknya ya si srigala itu, yg berubah saat bulan purnama, alias werewolf..wehehemaaf koment gak penting

  2. Wew..aq baru tau tuh ending yang kaya gitu! Ternyata si krudung merah keturunan srigala juga!Begitulah bu, karena endingnya banyak yang ga jelas jadi daku ndak masukin..

  3. syatianee said: gak pake endingcerita yg kukasih tau i? hehe gajel..mo tau versi lain dari serigala dan si krudung merah..?begini ceritanya: sesampainya di rumah sang nenek, si krudung merah menyadari klo yg di ranjangnya beda,gak kayak neneknya..bermata besar, berhidung besar dan bermulut besar seperti serigala..pas ditanya neneknya yg asli dmn?srigala itu bilang, gak jauh kok darisini..keadaan malam itu tepat saat bulan purnama…ternyata neneknya ya si srigala itu, yg berubah saat bulan purnama, alias werewolf..wehehemaaf koment gak penting

    wah kreatip kreatip, aku suka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s