ramadhan tanpa ngempy, mau???

waktu terus bergulir, tanpa terasa udah H-2 menuju Ramadhan, bulan penuh berkah.. di suatu malam, seorang akuai merenung (jiaah,,malay banget!), mengumpulkan cerita hingga akhirnya muncul judul di atas..

pertama, melihat blognya mas chif, judulnya, selamat berpuasa ngempie ya!! lalu terpikirlah, bagaimana kalo ga ngempy selama ramadhan?? hmm..

kedua, dapet taujiah waktu lagi ngelingker di atas pager (lah,,emang aku uler?? ^^), dijelaskan bahwa kita harus mencermati betul arti dari ketakwaan yang ingin diraih setelah melewati madrasah Ramadhan. sederhananya, kita harus mengikat hawa nafsu dalam diri kita, termasuk ngempy yang ga guna! berarti, kalo ngerasa kecanduan, mending ga usah ngempy aja.. kesimpulanku siy begitu..

ketiga, membaca tulisan di note FB kakak kelasku, tentang resolusi ramadhan.. aku justru tergugah pada potongan ayat CintaNya yang tertulis di sana:

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?” (QS. 6:32)

keempat, membaca review dari pak heri, tentang andai ini ramadhan terakhirku. uuugh,,sungguh menyentuh. rasanya ingin memanfaatkan ramadhan dengan baik. mencari pahala sebanyak2nya. menghapus dosa2ku yang telah menggunung. dan ternyata solusinya adalah meningkatkan amalan di bulan puasa. ngempy,,tinggalin aja gimana? hmm…

maka, bagaimana jika..
waktu luang yang kita punya nanti, digunakan untuk baca Quran aja..
pulsa yang kita punya, dipake buat sms tausyah ke temen2 aja..
kalo pulsa abis gara2 online terus via hape, mending uang buat beli pulsanya dipake buat sedekah aja..
kalopun fasilitas inet udah tersedia (di kantor, dirumah), gimana kalo nulis yang bener2 bermanfaat aja..
kalopun kata bermanfaat itu jadi bias buat semua orang, minimal jangan posting keluhan, cacian, atau hal2 yang sekiranya bisa merusak kenyamanan kita dalam berpuasa..

kalo kaya gitu gimana, kawanz??

28 responses

  1. Bikin tulisan ini ga sampe setengah jam. Jadi mohon diperluas cakrawala berpikirnya *tsaaah, gaya beut!*intinya siy mo ngajak temen2 utk menghidupkan ramadhan ini..Kalo bisa bikin MP meriah dengan suasana ramadhan itu lebih baik lagi..Semangat bermanfaat!Karena mungkin ini ramadhan terakhir kita..

  2. iya..diminimalisir aja, dulu gw berapa kali bilang mau hybernate malah sering kejebak ujan dikampus dan labkom buka, jadi sekalian nyari bahan tugas sama ngempi deh..tapi pas romadhon itu gw jadi banyak baca-baca tulisan pak syamsul tentang fiqh romadhon..banyak nambah ilmu..

  3. akuai said: kalopun kata bermanfaat itu jadi bias buat semua orang, minimal jangan posting keluhan, cacian, atau hal2 yang sekiranya bisa merusak kenyamanan kita dalam berpuasa..

    gak akan puasa ngempy ah…tapi setuju sama quotation di atas tuh!

  4. pemikirulung said: ngefans sama aku put? sampe nyebut-nyebut namaku gitu..hehehe

    hahaha, ibu pemikirulung ada disini juga thoRamadhan tanpa ngempy, gimana ni menurut bu ulung?diminamilisir aja cukup?kalopun posting, tentu yg bermanfaat ya

  5. Makasih pak wortel buat linknya.. Diusahain mampir deh.. *kasian juga kayanya kalo ga dikunjungi, wkwk..Ehm, ehm..Skali lagi mo bilang, tulisan ini dibuat tanpa bermaksud memprovokasi teman2 untuk ga ngempy selama ramadhan ini..Pun kiranya semua sepakat, bahwa yang terpenting bisa bermanfaat, kapanpun dan dimanapun..

  6. pippoputra said: hahaha, ibu pemikirulung ada disini juga thoRamadhan tanpa ngempy, gimana ni menurut bu ulung?diminamilisir aja cukup?kalopun posting, tentu yg bermanfaat ya

    yah putra..katanya mau manggil om..ya diminimalisir kesiaannya..loh, emangnya pernah ngerasa posting yang ga manfaat? kalo itu sih ga ramadhan juga jangan, bukannya kita udah sepakat manfaat minimal manfaat buat diri sendiri..mungkin posting yang bisa menambah ilmu atau mempertebal keimanan..pokoknya yang lebih mendukung ketaqwaan..hoho (gaya bener gw)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s