Konsistensi Dalam Menulis (Skripsi)

Salam..
Met sore wahai pejuang skripsi!
Kemarin ada teman yang curhat via sms. Begini bunyi smsnya:

Syarat skripsi : minimal 60 hal (tmsk dr pndahuluan-ksimpulan).
Min 30 referensi jurnal/buku.
Dikumpul tgl 27mei.
Tp disisa krg dr sbulan ni, skripsiku br 7hal (br latar blkg).

“Trus, kubilang, kalo sehari nulis min 2 hal, berarti bisa donk sebulan selesai..”

Ngomong gampang yaa? Hehe.. Jadi inget seorang abang (bukan abang tukang bakso yang pasti) bilang gini: “Skripsi itu seni mengelola motivasi.”
tapi belum lama temenku nulis note, katanya: “”Skripsi itu ujian terhadap konsistensi kita, baik yang tertuang dalam ucapan maupun dalam tulisan” intinya, apa yang kita tulis harus sesuai dengan apa yang kita baca, dengar, inginkan.. Lalu, sudahkah kita istiqomah?

Hari ini aku diskusi dengan pembimbingku, trus dapet pelajaran: Apapun yg ada di kepala, tulislah!
hehe,, aku tertohok. Tiap kali selesai ambil data, seringnya apa yang didapat di lapangan nggak dikembangin. Cuma diinget2 dan ditulis point2 besarnya. Padahal, kalo bisa nulis apa aja yang udah dilakukan satu hari itu, nantinya akan memudahkan pembahasan hingga seminar. Okeh, minimal petuah si ibu bisa kutulis dengan baik hari ini. Hehew… Oya, hal ini berlaku juga untuk yang ingin menambah jam terbangnya sebagai penulis (apapun). Menulislah setiap hari ^_^

Kawanz,, sudahkah kita menulis hari ini? ^_^

*ditulis saat akuai menunggu hujan di LIPI Cibinong sore tadi😀

13 responses

  1. ayo…. kamu bisa. Saya nyelesain skripsi dlm tempo 3 bulan, akibat saya sebelumnya bandel alias males banget utk mulai skripsi, sebelumnya 6 bulan cuma buat sibuk organisasi dan laporan PKL.Selamat berjuang ^_^

  2. friewan said: Nulis skripsi itu (tidak) mudah…!

    iyaaa.. mudah banget kok.. gampang looh buat jurusan sayah heheabis masih inget cape2 ngetik 200 hal cuma diliat bolak balik doang ama penguji..cuma liat programnya ajah.. T_T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s