Elpiji

Entong berteriak memanggil Emak yang sedang menyapu di halaman depan. “Mak, sini Mak.. Nih, di televisi ada tips tentang tabung gas..”

“Emang apa sih katanya, Tong?” Emak yang sedang menyapu menyahut dari luar rumah. Emak agak malas sebenarnya mendengar berita seputar itu. Pun pekerjaannya belum jua selesai. Pantang bagi Emak meninggalkan kerjaan yang belum tuntas.

“Katanya harus beli selang yang bagus, Mak. Regulator sama katupnya juga jangan yang palsu. Harus berstandart SNI. Emang SNI kepanjangannya apa sih, Mak?” Jiwa ingin tahu Entong mulai tumbuh.

Belum sempat Emak menjawab, Entong kembali meneruskan apa yang disampaikan penyiar cantik dalam berita pagi hari itu. “Trus, kalo bisa sirkulasi udaranya juga harus baik, Mak. Kayak yang di tv ini nih..” Sebuah apartemen yang memiliki ruang dapur bersih, lengkap dengan saluran untuk mengalirkan gas hasil memasak, terlihat dari layar 14 inchi itu.

“Rumah yang kayak gitu mah cuma milik orang kaya, Tong. Emak mana ngerti dengan standart SNI itu. Boro-boro ngarep dapet selang yang bagus, pas Babe lu pulang sambil bawa-bawa tabung gas warna ijo aja Emak udah seneng. Minimal kita nggak perlu bayar lagi. Yah, meski Emak lebih sreg pake kompor, tapi pan katanya kita nggak boleh pake kompor lagi. Begini dah jadinya..” kata Emak sambil membawa sapu menuju dapurnya yang gosong. Eneng, anak gadisnya, masih dirawat di klinik dekat rumah karena menderita luka bakar yang serius akibat meledaknya tabung gas mereka.

8 responses

  1. Tukang warung dah apal, klo Diah minta yang ori..heheampe Diah periksain atu2…lucunyah, tukang jualan gas kaga’ bisa ngebedain yang aseli ama palsu..gubraks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s