Kata MP: Pick The Right Relationship

Adakah yang merasa anjuran ini penting? Hei, atau kalian tidak sadar bahwa setiap kali akan menambah kontak, MP akan menanyakan hal ini? Pun ketika seseorang hendak meminta kita untuk jadi temannya, maka MP akan memberitahukan ‘XXX has invite you to be her friend’. Ah, kalopun sadar dengan pemberitahuan ini, nggak banyak yang serius menanggapinya.

Dulu, waktu masih awal main di kampung warna-warni ini, aku cukup polos dalam memilih relationship yang tepat. Teman nyata akan jadi friend. Teman yang baru kenal di dunia maya cukup jadi online buddy. Tapi seiring berjalannya waktu, jadi suka milih relationship yang agak2 aneh. Kalo dia sehobi, maka kuangkat jadi classmate. Tapi seringnya kontakku berstatus friend/sister/brother. Kadang aku juga nggak terlalu peduli teman2 yang invite aku ingin menjadikanku apanya (halah.. Bahasanya knapa aneh begini?). Sekarang jadi aku punya relationship yang macem2, mulai dari friend (ini yang terbanyak), sister, classmate, neighbor, online buddy, sampai fiancé (yang terakhir ini bikin aku geli sendiri, secara yang ngajak aku jadi tunangannya adalah seorang wanita. Huh! Nasib! :D).

Kadang lucu juga mengamati teman2 yang punya relationship unik dengan MP’ers lainnya. Lalu, apa sih manfaatnya? Adakah? Hmm.. Iseng2 aku analisa manfaat memilih relationship ini. Cekidot!

1. Menjaga Privasi
Aku ingat, selepas kopdar Bakmi Golek, mba Yuni (yuniezalabella) mem-publish foto2 hasil kopdar dalam albumnya. Waktu aku mau buka link yang mba Yun kasih, ternyata aku nggak bisa lihat. Ternyata postingannya di-setting only friend. Dan saat itu aku berstatus sebagai online buddy-nya mba Yun. (saat itu baru ngeh, online buddy itu kontak kita, tapi bukan temen kita). Yaph. Pada akhirnya kurasa menjaga privasi adalah manfaat utama dari peringatan MP untuk nggak sembarangan pilih relationship sebelum kita berinteraksi. Tapi temen2 kayaknya lebih sering setting blognya for everyone sih yaa? (aku juga dink!) Jadi mungkin relationship nggak terlalu guna juga.

2. Mempererat Hubungan
Ada yang unik di kampung MP ini. Beberapa MP’ers punya panggilan khusus untuk MP’ers yang lain. Ada yang berstatus layaknya keluarga. Jadi ada yang dipanggil nenek, kakek, paman, kakak, adik, dll. Pada akhirnya, panggilan itu membuat MP’ers perlu (ingat, tidak harus) mengubah status relationship-nya. Makanya, kalo kita ubah settingan di inbox kita jadi close network, orang yang belum jadi kontak kita akan muncul sesuai relationshipnya, misalnya ZZZ’s grandfather. Manfaatnya apa? Mungkin untuk lebih meningkatkan hubungan dalam ngempi, menimbulkan kesan yang beda di hati kontak kita, atau mungkin buat lucu2an. Hmm.. Entahlah, hubungan keluarga yang sering kupakai cuma sister/brother. Mungkin karena aku jarang juga mengangkat saudara di MP ini. Hehe..

3. Mengungkap Gender
Untuk ID yang terlalu abstrak dan HS yang nggak jelas pula, seringnya bikin MP’ers yang blum jadi kontaknya bertanya2, dia cewek atau cowok? (kayak kuis di TV aja yaa? Hihi). Sebenarnya yang paling mudah adalah melihat profilnya. Tapi kebanyakan dari kita malas untuk ngecek info itu. Makanya cuma bisa menerka2. Ah, aku sering banget neh jadi korban salah sangka dalam hal jenis kelamin. Pernah satu kasus seorang MP’ers mengira aku ini seorang cowok (hah, sayangnya nggak cuma satu orang yang bilang begini). Trus, akhirnya dia tau kalo aku ini cewek gara2 ngeliat status relationship-ku: YYY’s sister. Hoho… Begitulah, jadi udah menangkap kan manfaat status relationship ini? ^_^

Emm… Apa lagi yaa? Ada yang bisa menambahkan? Kalo dariku cukup 3 ini dulu yaa!

Btw, ayo dicek kembali.. Aku ini apamu? Halah…
Selamat ber-MP-ria ^o^

33 responses

  1. hha, klo saya pernah ama yang ngeadd itu relat nya fiancé, hha mungkin dia salah pilih awalnya mau friend…masalah jenis gender, saya ampe 3 kali di kira wanita oleh ID yng sama…, hem… klo ketemu musti dikasih piring cantik kayanya nanti, hhe….(jadi curcol)

  2. saya biasa invite yg lain sebagai friend.. untuk beberapa MPers yg akrab,relationship nya sorority sister/fraternity brother..terus relationship yg lain dari invitation..

  3. @topenkkerenbagus, pertahankanlah status itu. Hahaha..@night16kalo ada little brother, mungkin saya pilih itu untuk yory. Hihi…Mending kasih kaos cantik yor. Skalian promosi n_n@ramarizanaiya, yang paling sering dipilih itu emang friend yaa!

  4. akuai said: @night16kalo ada little brother, mungkin saya pilih itu untuk yory. Hihi…Mending kasih kaos cantik yor. Skalian promosi n_n

    ugh, saya masih dianggap anak kecil, hemm,, nasib, nasibhem,,, dikasih diskon aja dah 5%, (pelit mode on, xixixix)

  5. Kaka sister aku. Kenapa yak? HheAku sih paling kalo nge invite ya sebagai friend,sister atau brother. Kadang pake sister fraternity. Ada juga satu grandfather.Kalo online buddy ak kykny g pernah nge invite kayak gitu..tapi kalau di invite kayak gitu pernah hhe

  6. night16 said: ugh, saya masih dianggap anak kecil, hemm,, nasib, nasibhem,,, dikasih diskon aja dah 5%, (pelit mode on, xixixix)

    laaah,, kan emang masih kecil. hihi..setidaknya lebih muda dari sy yor😀

  7. pippoputra said: ada yang mengira seseorang itu lebih senior darinya sampe dipanggil ‘ka’

    dan ID-nya itu pippoputra..*nie kusebut2 put.. biar beken dikit. hehe..

  8. ivoniezahra said: yg online buddie remove massal kemarin heheheh ada juga lho tunangan sm cwek. cwok juga ada haha

    waduh.. temen2 deketku sebenernya banayk yg online buddy. ga mau diremoved ah..seringnya tunangan itu emang ga sengaja dipilih. temenku ikhwan sampe diteror seorang akhwat gara2 salah pilih relationship :))

  9. aliasyadimayyadah said: hapi b-day ya? bener gak hehehklo bhs mesirnya “sanah helwa milad said”semoga usianya senantiasa berkah^_^

    jazakillah khairan mba..amin yaa Rabb..okeh. kosakatanya kusimpan ^^

  10. berry89 said: mungkin yang paling susah sister dan brother..😉 karena cukup banyak.. udah berasa saudara, hehe

    kampung yang penuh persaudaraan. mantab! ^^b

  11. audicollections said: maklum newbie, aku angkat jadi friend smua. lutju juga sih dianeh2in yak… ikutan ah…

    tapi ga semua kontakku juga yang dianeh2in. hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s