Kuhadapkan Wajahku..

Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fatharassamaawaati wal ardi haniifammuslimaa wa maa anaminalmusyrikiin..
Innasholaati wanusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillahirabbil’aalamiin..
Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa awwalulmuslimiin..

Sebanyak lima kali
dalam satu hari
begitu seterusnya
setiap hari
kulafadzkan kalimat itu
fasih sekali
tanpa jeda
tiada terbata
aku sudah hafal sejak usiaku di angka lima

“Kuhadapkan wajahku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi, dengan keadaan lurus -dan berserah diri- dan tidaklah aku termasuk orang2 yang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku, kuserahkan kepada Allah, Tuhan Semesta Alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Demikianlah yang diperintahkan kepadaku. Dan aku adalah orang yang pertama-tama berserah diri…”

Duhai, begitulah artinya
sebuah perintah
bukan sekadar kata
apalah arti hafalanku ini
terucap lima kali dalam sehari
nyatanya,
kuhadapkan wajahku
mataku tertuju pada sajadah panjang
namun pikiranku melayang
kalimat itu
perintah itu
hanya membekas di bibir
tapi mungkin tak sampai ke hati

“…Ya Allah, Engkau adalah Raja. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau dan dengan memuji Engkau. Engkau Tuhanku dan aku hamba-Mu. Aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku mengakui dosaku, maka ampunilah dosa-dosa selain daripada Engkau. Tunjukkanlah aku kepada akhlak yang terbaik, karena tidak ada yang menunjukkan kepadanya selain daripada Engkau, dan jauhkanlah aku dari yang buruknya, karena tidak ada yang menjauhkannya daripadaku selain daripada Engkau. Seluruh kebaikan itu ada pada-Mu dan kejahatan itu tidak berasal dari-Mu, dan orang yang mendapatkan hidayah adalah orang yang Engkau beri hidayah. Aku dengan-Mu dan kepada-Mu. Tidak ada keselamatan dan perlindungan dari-Mu, kecuali kepada-Mu dan bertambah-tambah pulalah keluhuran-Mu. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.” [HR Muslim]

***
Ruang Tamu
12 Agustus 2010 pk. 00.51 wib
Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fatharassamaawaati wal ardi haniifammuslimaa…

2 responses

  1. kak Ai, ez sedang sangat suka acara metro tv tiap sore itu,yang pengisinya Ust. Abu Sungkan.sudah pernah nonton salah satu episode(*emang sinetron?)nya belum? atau malah tontonan tiap sore😀 ?

Leave a Reply

