Ada Anak Bertanya Pada Ibunya

Teringat sebuah dialog antara ibu dan anak, entah kubaca di mana (Majalah Ummi kayaknya). Seorang anak bertanya pada ibunya, “Bund, sex itu apa?”

Sang ibu yang tak siap dengan pertanyaan to the point dari si anak langsung gelagapan, bingung harus menjawab apa. “Emm.. Itu.. Jadi.. Begini loh, Nak! Bunda dan ayah menikah. Emm.. Terus kamu lahir deh!” jawab ibu sekenanya.

Si anak merasa bingung dengan jawaban ibunya. Terlalu berbelit-belit. “Dinda jadi harus nulis apa di kolom sex ini, Bu?” tanya si anak sembari menunjuk biodata dalam bahasa inggris yang harus diisi olehnya. Oalah. Jadi sex yang dimaksud adalah jenis kelamin, bukan pengertian yang lain.

Begitulah. Para orangtua sepertinya memang harus punya bekalan yang cukup untuk memberikan pendidikan seks untuk anaknya. Karena seks kini bukan lagi wacana yang tabu. Namun, perlu dipahami bahwa pendidikan seks yang diajarkan tidak seperti budaya barat yang membebaskan anaknya, termasuk kontak fisik dengan lawan jenis sebelum terjalin ikatan pernikahan.Dalam Islam, pendidikan seks pada dasarnya lebih untuk menjelaskan gender (alat kelamin) dan permasalahan seputarnya (perkembangan sekunder, menstruasi, penyakit kelamin, dll). Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Dadang Hawari, guru besar di FK UI, dalam seminar Half a Dien yang kuikuti beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, penyampaiannya pun haruslah terpisah, antara laki-laki dan perempuan. Hmm.. Sulit jika itu diterapkan pada sekolah2 yang berkiblat pada budaya barat. Dan aku pun terbawa oleh budaya itu. Siang nanti, aku akan memasuki sebuah kelas berisi remaja tanggung yang heterogen untuk mengajarkan tentang sistem reproduksi. Okeh, saatnya belajar! ^^

*ending yang aneh! Wkwk..

6 responses

  1. oh aku pernah, jadi mentor anak sdit gitu, materi-materinya tentang perubahan-perubahan saat baligh, perubahan pada kelamin primer dan sekundernya..wui..anak sd gitu..semangat banget mereka nyimaknya, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s