book-a-lova | Oktober-November

Mungkin ini rasa yang wajar diderita oleh diriku yang lama tak mengutak-atik MP. ketika banyak hal ingin dituliskan. banyak berita ingin disampaikan. banyak lapak yang ingin dikunjungi. tapi apa daya, terlalu banyak hal yang terlewatkan. mau dikejar pun rasaya sulit. maka, saat ingin menulis lagi pun bingung. mau nulis apa yaa?

menutup bulan November ini akhirnya aku memutuskan untuk membuat tulisan tentang buku-buku yang kubaca selama bulan November saja. meski sebenarnya ini jadi “kewajiban” yang kutetapkan saat menulis blog di sini. eh, tapi gara-gara sebuah chatting yang menggelitik, akhirnya bikin tulisan juga deh sebelum ini. anggaplah pemanasan. atau pelepas rasa kangen teman-teman dengan tema abstrak dan tidak penting a la akuai. hihi..

o,ya. berhubung waktu itu menghilang dari MP sebelum Oktober berakhir, jadi, kali ini review-nya dirapel. bukan hanya buku-buku yang dibaca selama bulan NOvember, tapi termausk juga bulan Oktober. biar keliatan banyak juga lah. hehe.. maklum, 2 bulan terakhir bener2 sulit menyentuh buku selain text book dan jurnal terkait skripsi (wow, akhirnya Ai dengan serius dan sadar menyentuh buku2 itu :p). jadi, list buku Okt-Nov ini akan diisi oleh buku2 non-fiksi saja.

1. Menggairahkan Perjalanan Halaqah: Kiat agar halaqah lebih dahsyat full manfaat -Satria Hadi Lubis
buku ini cocok dibaca oleh mereka yang baru, akan, dan udah lama berkecimpung di dunia halaqah. baik itu sebagai murabbi aatu mutarabbi. analisis yang dipaparkan sang ustadz sangat baik menurutku. apalagi tentang “paguyuban”: istilah untuk sebuah halaqah yang dinamisasinya tinggi, tapi minim produktivitas. hmm, sekarang banyak yaa kayaknya yang seperti itu? :p

2. Perempuan-perempuan Mulia Di Sekitar Rasululah -M. Ibrahim Saliim
bukunya ga tebal. tapi cukup lengkap menceritakan perempuan2 hebat di sekitar Rasulullah. bahkan Ummu Hani yang pernah membuat Rasulullah patah hati pun diceritakan pertama kali dalam buku ini. nice!

3. Pengantin Islam: Adab Meminang dan Walimah menurut Al Quran dan as Sunnah -Dr ‘Abdullah Nashih’ulwan
buku ini tergolong buku lama. terjemahan pula. tapi isinya menurutku jauh lebih keren dibanding buku2 karangan Pro-U. (ups.. padahal belum baca euy!). tapi sepertinya buku itu cukup provokatif (kata temen yang udah baca juga gitu..). sedangkan buku Pengantin Islam ini menjadi menarik karena sejak awal buku ini mengingatkan tentang urgensi menikah. bukan cuma biar bisa jaga pandangan jaga hati (ini terlalu personal), tapi bagaimana sebuah pernikahan itu bisa menyelesaikan problematika ummat. wow! (lah, kok setelah nulis reviewnya malah jadi terprovokasi yaa? xixi..)

4. Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim -Salim A. Fillah
agak aneh memang karena aku seolah terbalik dalam membaca karya2 Salim. ini buku lama kan yaa? tapi baru dapet pinje,an bukunya sekarang. jiaah.. meski belum sehalus kata2 di buku DDU, tapi buku ini tetap sangat layak untuk dibaca. apalagi banyak kisah2 Rasulullah dan sahabat yang belum banyak kuketahui.

5. 11 Amanah Lelaki: Menjemput keping hikmah -Bayu Gawtama
ini buku pinjeman juga.. (kapan sih Ai pernah beli buku? hehe..) buku tahun 2007. baru kubaca sekarang. telat yaa? seperti judulnya, “menjemput keping hikmah”. buku ini berisi hikmah2 yang berhasil diikat dalam tulisan oleh Bang Gaw. beberapa tulisannya membuatku menangis! bagus!

6. Tips Manajemen Waktu Wanita Muslimah -Ilham Muhammad Ibrahim
sepertinya masih harus membaca ulang buku ini, biar lebih meresap, biar lebih menonjok, biar ga meremehkan waktu luang. hmm.. akhwat, baca buku ini yo!

7. Membongkar Rahasia Ikhwan Nyebelin -Koko Nata dan Denny P
ini buku dibeli pas Bukfer tapi baru dibaca bulan ini.hadeuhh.. niatnya buat adek, biar dia baca. tapi kayaknya dia ga terlalu minat. yasuw, kubaca buat iseng2. mau tau ikhwan nyebelin tuh kayak apa sih? eeh, ternyata beberapa kenalan memenuhi kriteria itu. nah loh!😄

8. The Power of Idea: Meraih Cita-cita dengan Semangat -M. Ahmad Ismail
buku ini sebenernya cuma dibaca pas bab 4 doank. itupun belum tuntas. insyaAllah akan diselesaikan sebelum tahun baru masehi. karena buku ini bagus sangat!!!

9. Bersama Kereta Dakwah -(siapa yaa penulisnya :p
buku ini belum tuntas juga. tapi tetep menganggap bahwa buku ini keren!! cocok dibaca di saat2 seperti ini. saat kita bingung dengan kereta yang sednag kita naiki. hmm..

bisa dibilang ini buku2 lama semua. tapi yang penting baca kan yaa? bukan baca buku2 terbaru? heheu.. okeh, sampai jumpa di bulan Desember, insyaAllah.. Queen of the East udah nagih untuk disentuh neh.. ^___^

28 responses

  1. indev said: Ka ai meluangkan waktu untk membaca tiap hari atau membaca saat waktu luang?

    membaca saat waktu luang aja. hehe.. bahkan kalo luang banget, bisa menghabiskan berjam-jam buat baca buku. bahkan bukunya habis dibaca sekali duduk :p

  2. hehe, iya. Sebenernya oktober emang diniatin buat baca buku2 non fiksi. Tapi keterusan sampe november. Buku2nya juga yang ada di rumah n ‘jarah’ buku yang lagi dibaca temen. :pbuku no.3 aku minjem juga mba. Kalo DDU ada di rumah.

  3. akuai said: wah, ini masih sedikit dibanding bacaannya mba yani dkk di goodreads, hay..

    itu mah ga nanya :Dkan mba ai lagi sibuk ngurus skripsi, tapi tetep bisaa aja baca, aku mah ga bisaa T_T

  4. mau buku modis (modal diskon) buku momi (modal minjem) asal jgn mobat (modal ngembat) :Pyang penting sediakan waktu untuk menambah cakrawala pengetahuan dan wawasan kita ya ai..hidup ai..semangat terus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s