book-a-lova | Februari ’11

Bulan Februari ini bisa dibilang ada peningkatan dalam membaca. Eeh, tapi jangan dibandingin dengan mba yani atau mba gita yaa? Teteuuuup, masih kalah jauh dari mereka. hiks! Dan ternyata, bulan ini aku nggak baca buku fiksi sama sekali. Semuanya adalah buku2 non fiksi. Wews.. Tapi yang jadi beban adalah aplikasi dari ilmu yang sudah diserap setelah baca buku2 itu neh. Hadeuuh..

  1. Di Jalan Dakwah Aku Menikah – Cahyadi Takariawan: Buku ini didapat setelah intip2 lemari buku temen. Temenku yang lain bilang bahwa buku ini bagus. Maka, kupilihlah ia untuk menginap di rumahku. Hoho.. isinya ternyata emang bener2 bagus. Suka dengan cara Pak Cah memberikan pemahaman awal tentang menikah. Sampai kapanpun, pernikahan itu bukan hal yang main2. Ada tujuan yang harus dicapai. Dan alangkah baiknya jika dakwah menjadi tujuannya.
  2. Tak kenal Maka Ta’aruf –Asri Widiarti: Ini buku kedua dari 100 seri penokohan tarbiyah yang kubaca. Lumayan memberikan gambaran tentang proses ta’aruf sebelum memantabkan diri untuk memilih pasangan hidup nanti. Yang paling ngena sih pada bab yang menjelaskan tentang pendamping ta’aruf. Ternyata tugas itu berat juga yaa?! Hmm…
  3. Karena Cinta Aku Murtad – Suherni Syamsul: Gegara mendengar cerita guru agama di sekolahku yang bilang bahwa ada muridnya yang murtad, aku jadi inget kalo di rak bukuku ada buku ini. Berisi kumpulan kisah2 inspiratif yang sangat cocok dibaca oleh remaja. Pembahasannya lumayan bagus. Banyak pesan2 yang bisa dipetik.
  4. Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim – Salim A. Fillah: reviewnya lihat di goodreads-ku aja yaa? Udah nulis panjang di sana soalnya. Heheu… (linknya ada di sini)
  5. Cara Cerdas Cari Uang: Menjadi karyawan? Atau Wirausahawan? – Dony –S. Wardhana: Buku ini dibeli seharga lima ribu rupiah, masih dari tumpukan buku2 murah di basement Gramedia Depok. Bukunya tipis tapi pembahasannya komplit. Meski bisa dibilang isinya masih sangat teoritis. Beruntung bisa baca buku ini.
  6. Kenapa Guru Harus Kreatif? – Kak Andi Yudha: Ini buku yang kubeli pas IBF tahun lalu. Hwaa.. bahkan baru dirampungkan sekarang :p. Bukunya sempat dipinjem kakak juga. Sangat suka dengan buku ini. Gaya menulisnya enak, ukuran font-nya besar2 trus ada gambar2nya juga. Ga ngebosenin lah bacanya. Karena setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda2, maka kreatiflah wahai orangtua dan guru..! ^^b

Baca buku nonfiksi selain berat dalam hal pengamalan, juga dalam hal menjaga mood saat membacanya. Sepertinya buku model ini tak perlu diselesaikan dalam waktu sehari. Sempat beberapa kali membaca halaman di buku Tak Kenal Maka Ta’aruf dan tak menangkap apa2. Baru sadar setelah mata pindah halaman atau jemari mulai membalikkan kertas. Eeh, tadi baca apa yaa??

Intinya, tak usah terburu-burulah. Kalo udah mulai ga konsen dengan bacaan kita, tutup dulu sejenak bukunya. Dilanjutkan lagi kalo mata dan pikiran udah fresh. Focus membuat apa yang kita baca bisa tersimpan dan menimbulkan kesan yang lebih awet di kepala. Maka, harap maklumlah kalo bulan ini (lagi2) bacaan akuai tak sebanyak yang lain. *alasan lagi, hwehehehe….

Sampai jumpa di bulan Maret, insyaAllah ^^b
Sampai bertemu juga di Islamic Book Fair 2011. Jadwal terlampir yaa!
(eh, eh, ada update info lomba nulis bulan Maret-April juga looh! Sila sila diunduh ^o^)

50 responses

  1. andiahzahroh said: Wiiih… Aku juga mau bikin review bacaan sebulaan. Tapi masalahnya, aku jarang baca. Huhuhhuhuu…

    justru dengan bikin review kaya gini jadi termotivasi untuk baca, An. apalagi dirimu sekarang udah punya tema bacaan baru selain resep masakan. hehe..

  2. berry89 said: buanyaknyaa…ih, ngiming2in IBF :(apa minggu depan aku ke jakarta aja yaaa ;P bersedia nampung aku ga mba? hahaha

    bulan ini kamu baca berapa buku hay?kasian yang mupeng ke IBF. hoho.. sini sini ke jakarta… kutampung pake ember.. *laah, serasa haya itu air hujan :))

  3. akuai said: bulan ini kamu baca berapa buku hay?kasian yang mupeng ke IBF. hoho.. sini sini ke jakarta… kutampung pake ember.. *laah, serasa haya itu air hujan :))

    smua tentang kulit dan kelamin, itu pun nggak khatam :Dgapapa deh di ember juga😀 *jiwa petualangku kambuh*

  4. berry89 said: smua tentang kulit dan kelamin, itu pun nggak khatam :Dgapapa deh di ember juga😀 *jiwa petualangku kambuh*

    jiaaah, text book yaa? ga masuk itungan itu :phayuk atuh kalo beneran mau ke jakarta. aku siap menampungmu. ^_~tenaaang, ga pake ember kok, tapi baskom. khawatir kalo ember ga muat. hahaha…

  5. berry89 said: smua tentang kulit dan kelamin, itu pun nggak khatam :Dgapapa deh di ember juga😀 *jiwa petualangku kambuh*

    adek aku bbrp minggu kemarin jg nunjukkin buku itu krn lg pingin baca ttg jerawat. Hihi….Skrg dia masuk stase rmh sakit jiwa

  6. aisavitri said: yg nomer satu aku punya tp udah lama gak baca ulang lg buku itu…

    deeeuh, yang mau merit, semangat banget komennya.. wkwk..ayo dibaca lagi mba.. mulai dari halaman 137 aja ^^4 hari cukup kan buat meyelesaikannya? hehe..

  7. aisavitri said: adek aku bbrp minggu kemarin jg nunjukkin buku itu krn lg pingin baca ttg jerawat. Hihi….Skrg dia masuk stase rmh sakit jiwa

    adikmu kuliah di kedokteran juga kah?

  8. akuai said: deeeuh, yang mau merit, semangat banget komennya.. wkwk..ayo dibaca lagi mba.. mulai dari halaman 137 aja ^^4 hari cukup kan buat meyelesaikannya? hehe..

    hihi… jd bingung baca buku yg mana (waiting listnya buanyak).. kmrn tmnku ngasih kado buku Panduan Keluarga Sakinah. Bagus lhooo… Ada bonus doa2 keluarga sakinah n kalender masa suburnya jg. Jd tepat bgt buat yg lagi pra wedd-pasca wedd-sampe gmn cara didik anak..

  9. aisavitri said: hihi… jd bingung baca buku yg mana (waiting listnya buanyak).. kmrn tmnku ngasih kado buku Panduan Keluarga Sakinah. Bagus lhooo… Ada bonus doa2 keluarga sakinah n kalender masa suburnya jg. Jd tepat bgt buat yg lagi pra wedd-pasca wedd-sampe gmn cara didik anak..

    yasudah, nanti aku mau kado itu saja. Loh? :p

  10. akuai said: jiaaah, text book yaa? ga masuk itungan itu :phayuk atuh kalo beneran mau ke jakarta. aku siap menampungmu. ^_~tenaaang, ga pake ember kok, tapi baskom. khawatir kalo ember ga muat. hahaha…

    memang :Dbeneran yak..😀

  11. aisavitri said: serius Ai minta request dikado buku ini kalo nikah? okehlah kalo begitu🙂

    emm, tapi mau dibikinin hiasan dari kain flanel jugaa.. *banyak maunya nie anak XDbtw, dirimu mau kado apa mba? hoho..

  12. akuai said: emm, tapi mau dibikinin hiasan dari kain flanel jugaa.. *banyak maunya nie anak XDbtw, dirimu mau kado apa mba? hoho..

    okey2 Ai ^^ (setipe dengan hiasan buat Anty kmrn tah? atau yg semangka2 gituh?)Insya Allah yaaa…. :)Mmmm… waaa, jd maluw ditanyain mo kado apa…. Mmmm… apa yaa? bingung….

  13. aisavitri said: okey2 Ai ^^ (setipe dengan hiasan buat Anty kmrn tah? atau yg semangka2 gituh?)Insya Allah yaaa…. :)Mmmm… waaa, jd maluw ditanyain mo kado apa…. Mmmm… apa yaa? bingung….

    hoho.. makin menjadilah semangkaholic-ku..apa aja boleh lah mba.. yang penting kan doanya nyampe…*serasa aku yang mau nikah neh. haha..

  14. rifzahra said: Ai…review buku yang kelima dong…kyknya bagus deh…

    Cara Cepat Cari Uang: Menjadi karyawan? Atau Wirausahawan?iya, nih.. pengen detail reviewnya, dan pengen tahu, apakah buku itu menyesatkan atau ngga.Sebenarnya dari judulnya itu kok saya kurang sreg ya, mbak Ai :)Bagi saya, tidak ada cara instant kalo ingin sesuatu yg bersifat langgeng. Semua itu perlu proses. Dari pahitnya proses itulah yg bakal membentuk character building kita.Menjadi karyawan? atau wirausahawan? Bagi saya dua-duanya sangat mulia. Yang saya sayangkan, ada pembicara motivasi wirausaha terkadang bersikap tidak profesional, yaitu dg menjelek-jelekkan profesi karyawan, bahkan dg menyalahgunakan hadits segala.

  15. aku jd inget ddu ku ai,mpe skrg blm rampung masa..gr2 klamaan nunggu keknya..skrg lg ngrampungin elliana ma stop bullying..dtambah dftar antrean buku yg ud diincer wt dihunting di ibf..heheehe

  16. sebenernya buku ini ga menjelaskan bagaimana cara cepat untuk mendapatkan uang. haha.. dalam buku ini, dijabarkan tentang kedua hal (karyawan dan wiraswasta) secara seimbang. termasuk plus minusnya. karena ga semua orang seneng jadi pekerja kantoran, begitupun sebaliknya..*akhirnya direview juga meski sedikit. hehe..

  17. nisachem05 said: aku jd inget ddu ku ai,mpe skrg blm rampung masa..gr2 klamaan nunggu keknya..skrg lg ngrampungin elliana ma stop bullying..dtambah dftar antrean buku yg ud diincer wt dihunting di ibf..heheehe

    DDU juga aku belum tuntas semua. lompat2 soalnya..bahkan eliana masih duduk manis di meja ruang tengahku. belum dibaca sama sekalii.. bulan besok kayaknya..

  18. fightforfreedom said: hehehe.. berarti memang benar ya, jangan nilai buku dari cover-nya (atau judulnya).

    dududuh,,,, maaaaappppph! (>_<)tadi nulis jurnal ini di sekolah, ga bawa bukunya. dan ternyata judul yang sebenernya adalah:Cara Cerdas Cari Uang*sambil senyum2 memandang bukunya :p

  19. akuai said: dududuh,,,, maaaaappppph! (>_<)tadi nulis jurnal ini di sekolah, ga bawa bukunya. dan ternyata judul yang sebenernya adalah:Cara Cerdas Cari Uang

    Astaghfirullah… mbak Aiiiiii….saya ini termasuk alergi lho kalo dengar istilah “cara cepat” atau “cara instant”….

  20. fightforfreedom said: Astaghfirullah… mbak Aiiiiii….saya ini termasuk alergi lho kalo dengar istilah “cara cepat” atau “cara instant”….

    iya iya maaf..saya juga baru sadar pas bikin review itu. kok judul sama isi ga nyambung yaa? ternyataaa… yang instant memang tidak baik..

  21. akuai said: yang instant memang tidak baik..

    Betul.. yg instant biasanya seolah-olah menafikkan rintangan.Saya pernah baca sebuah ungkapan bijak, yg berbunyi:“Sekiranya Anda menemukan jalan yang tak ada rintangan, ia mungkin tak akan membawa Anda ke mana-mana” (F.A Clark)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s