Kondangan: Sebuah Resep Awet Muda

Aku mendengar cerita ini dari sahabatku. Dia memperoleh cerita itu dari temannya. Dan entah temannya mendengar cerita itu dari mana. Yang pasti, aku akan menceritakan kembali apa yang disampaikan sahabatku dari temannya dari entah siapa itu.

Oya, mungkin perlu kuceritakan sedikit alasan di balik cerita yang disampaikan sahabatku dari temannya dari entah siapa itu. Malam tadi, sebuah panggilan telepon menghentikan sumpitku yang hendak mencapit tempura. Dari Mba Am (amrinachan). Ia mengajakku pergi ke acara pernikahan Ka Fuady (farranasir) hari ini. Beberapa hari yang lalu undangan itu dikirim via Facebook. Aku lalu meminta saran pada sahabatku itu. “Haruskah aku hadir?” Aku tahu bahwa menghadiri undangan itu wajib hukumnya. Tapi, aku sejujurnya tak terlalu mengenal Ka Fuad. Hanya mengenal lewat beberapa tulisannya.

Maka, cerita sahabatku dari temannya dari entah siapa itu dimulai..

Suatu waktu, hiduplah seorang nenek yang tampak awet muda. Kerutan-kerutan di wajahnya memang tak dapat disembunyikan, tapi seolah tertutupi oleh kesegaran yang terpancar di wajahnya tersebut. Kecantikan sang nenek pun membuat banyak orang meminta resep darnya. “Gimana sih caranya biar tetap kelihatan awet muda, Nek?” Pertanyaan itu seringkali muncul. Sang nenek pun menjelaskan bahwa setiap pagi ia menyapu halaman depan rumahnya. Lalu jalanan di depan rumahnya, terus sampai rumah tetangganya.

Sahabatku itu lantas berkomentar, “Eeh? apa hubungannya awet muda dengan menyapu jalanan yaa?” Aku tertawa dibuatnya. Dia yang cerita tapi dia sendiri mempertanyakan ceritanya itu. Tapi tak lama, ia pun melanjutkan.

Selain menyapu jalanan itu, sang nenek juga rajin menghadiri undangan pernikahan. Kondangan (asal kata: ke undangan) yang satu lalu ke yang lain. Bahkan ke pernikahan yang tak diundang pun nenek itu akan mengusahakan untuk hadir. Setiap melihat tetangganya bersiap kondangan,nenek itu pun bertanya, “Mau kondangan yaa? Saya ikut yaa? Saya nggak makan nggak apa-apa kok. Saya cuma mau kasih amplop aja,” kata nenek.

“Begitulah ceritanya,” lanjut sahabatku. “Loh, udah selesai? Trus maksudnya apa?” tanyaku penasaran. Malam itu, sepertinya Ai begitu dudul hingga tak mampu menemukan hubungan antara awet muda dan apa yang dilakukan sang nenek.

Lupakan! Ceritanya terlalu aneh…😛

***
Di Balik 3 Jendela,
30 April 2011 pk. 07.41 wib
Sebelum telepon itu, aku juga mendapat undangan pernikahan via SMS dari Ruy (tarkhiena). Sayang, nggak berhasil membujuknya untuk memberiku tiket PP Jakarta-Palembang. Hoho.. Padahal pengen banget jalan2 ke luar kota. (meninggalkan sejenak Jakarta tercinta)

*Hei, MP’ers yang di luar kota, nanti kalo mau undang aku, skalian sama tiket PP-nya yaa! >>gamodal.com😀

15 responses

  1. Ada korelasinya Ai…sangat jelas malah…Klo ke kondangan kan kita ketemu byk org, sekalian silaturrahim…udh jelas sabda Rosul saw klo silaturrahim itu memperluas rizki n memperpanjang usia…artinya dr sisi kesehatan jelas ke kondangan sangat bermanfaat, apalagi ketemu org2 ngobrol2 bs ngurangin stress…hehehe…analisisku itu lho…cmiiw🙂

  2. aisavitri said: Aq udh kirim undangan kan dulu?:DTp gpapa, gbs hadir krn ada alasannya yg syar’i. Gugurlah kewajiban utk hadir.

    iyaa mba vitri. Mohon maaf.. Padahal udah gembar gembor pengen dateng neh. Hadeuh.Btw, kok mas chifrul juga tau yaa kalo aku ada rencana dateng ke sana? Dapet kabar darimu kah?Oot: Paketnya udah sampe mba?

  3. Chif taunya kyknya dari komen2n pas d FB dulu. Dia nge-wall aq, nanya apakah dia diundang, cz Marinda bilang bbrapa anak MP’erz diundang. Trus dari situ merembet ke Ai jg ^^vAi kirimnya kpn? Msh blm da kbr, ntar aq coba tanya ke rmh nenek. Btw makasih banyak yah, Ai..duh, jd ngrepotin… n_n

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s