[SDS] Untukmu, Para Pencari Ilmu

Dari Abu Darda, sesungguhnya saya telah mendengar RasuluLLah bersabda: “Barangsiapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, niscaya Allah permudah baginya jalan menuju jannah. Para malaikat akan membentangkan sayapnya sebagai bentuk keridhaan terhadapnya. Sesungguhnya semua yang ada di langit & bumi akan memohonkan ampun bagi para pencari ilmu. Keutamaan seorang yang berilmu dibandingkan ahli ibadah ibarat bulan dibanding semua bintang yang ada. Para ulama adalah pewaris para Nabi. Dan sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar & dirham, melainkan mewariskan ilmu. Maka barangsiapa yang mendapatkan ilmu, sesungguhnya ia telah mendapatkan bagian yang banyak.” (HR.Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

“Ketahuilah bahwa tidak ada jalan yang lebih singkat daripda kejujuran. Tidak ada petunjuk yang lebih tepat daripada ilmu. Dan tidak ada bekal yang lebih cukup daripada takwa.” (al muhasibi dlm risalah al mustarsyidin)

Ilmu itu ada tiga jengkal, barangsiapa mencapai satu jengkal pertama ia akan bersikap sombong, bila mencapai dua jengkal (kedua) ia akan bersikap tawadhu, dan bila mencapai tiga jengkal (terakhir) ia akan merasa bahwa ia tidak tahu apa2.
~Imam Ghazali~

Sungguh. Luasnya Ilmu Allah itu tak terhingga.

Allah menggambarkan betapa tak berdayanya kita bila dbandingkan ilmuNya,
Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula).”
(Al KAhfi: 109)


Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah[1183].
Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
(Luqman: 27)

[1183]. Yang dimaksud dengan Kalimat Allah ialah: Ilmu-Nya dan Hikmat-Nya.

Abdulloh bin Mubarok mengatakan:
“Seorang itu dinilai sebagai orang yang berilmu selama masih mau menuntut ilmu. Jika dia sudah beranggapan bahwa dirinya berilmu, maka sebenarnya dia adalah orang yang bodoh.”

..dan amal adalah sebaik-baik penyempurna ilmu..

sumber foto dan artikel terkait bisa dilihat di sini

4 responses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s