Monster

Tiba-tiba teringat. Tapi aku lupa adegannya ada di episode Dream High yang ke berapa. Yang pasti, saat itu Guru Shi berkata pada Guru Kang, “Aku telah mengubah muridku menjadi seorang monster.” Murid yang dimaksud adalah Yoon Baek Hee. Guru Shi secara tidak langsung mengajarkan Baek Hee untuk menghalalkan segala cara demi mencapai impian muridnya itu. Pada akhirnya, Guru Shi menyadari kesalahannya. Dan ia sungguh tak menyangka bahwa muridnya akan bertindak di luar batas. Seperti monster.

Mungkin tidak persis benar. Tapi saat aku menonton adegan itu, dan kini saat aku mengingatnya kembali, aku berkaca pada diriku sendiri. Jangan-jangan tanpa sadar aku pun telah menjerumuskan seseorang, emm, mungkin tak sepenuhnya menjadi monster, tapi ia menjelma menjadi sosok yang tidak lebih baik dari sebelumnya. Mungkin saja saat aku berinteraksi dengan keluarga (terutama keponakan-keponakan yang sedang banyak menyerap pelajaran kehidupan) dan teman-teman, ada nilai-nilai buruk yang kubawa. Lalu diterima. Hingga kemudian nilai-nilai itu melekat dalam diri mereka.

Perasaanku mungkin sama seperti Guru Shi saat menyadari bahwa ternyata aku memiliki andil dalam perubahan orang-orang di sekitarku. Sedih, takut, bingung. Tidak mengerti apa yang sebaiknya dilakukan. Mungkin aku memang tak perlu melakukan apa-apa. Seperti yang kemudian Guru Kang katakan pada Guru Shi, “Biarkan ia mengetahui sendiri kesalahannya. Suatu hari nanti, ia akan menyadari bahwa apa yang dilakukannya itu salah.”

***
Kamar Imaji,
4 Agustus 2011 pk. 08.09 wib
Tentang tanggapan Guru Kang itu, sebenarnya aku pun lupa redaksionalnya bagaimana. Tapi sepertinya inti pesannya sama. Nanti diedit lagi kalo aku udah berhasil mendapatkan kopian file K-drama itu. Hoho…

27 responses

  1. nabelahafshah said: kalo ga salah, episode ke 5 atau 6 terakhir, it adegan sbelum showcase kan???hehe#pengen kopiannyaaa juga..

    iya, ini showcase kedua.. Setelah eps 8 aku nggak rutin ngikutin ceritanya..

  2. luvummi said: Kalo nyadar siapa ajah yg dah dijadiin monster si okeh. Lah klo kt kaga’ nyadar?Hu’um,banyak2 do’a.@Omjadi monster,bukannyah dah dari sononyah?Hahah.

    kalopun tau ada yg berubah gara2 kita susah juga di utk menyadarkannya. Entah karena ego diri yg ga mau disalahkan atau sungkan menilai orang lain telah menjadi monster. Huhu…

  3. kaklist said: ga sadar ya klo di mp ini juga banyak yg terjerumus ? jadi suka semangka.. huh !#buang muka karena lagi puasa🙂

    justru aku mengajarkan makna sabar dalam berpuasa, kak. Hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s