Lomba Menulis Potret Kematian (Deadline: 25 Sept’11)

Ada aura mencekam dari deret empat huruf itu. Sebuah kata yang sejatinya sangat dekat dengan kehidupan kita, namun sekaligus menjadi pemutus dari segala kenikmatan dunia: M.A.T.I. Yah, mati. Entah telah berapa kali dalam hidup kita, kita menyaksikan peristiwa ini. Mungkin ia terjadi pada seorang tokoh besar yang hanya kita saksikan lewat televisi, hingga saat ia tertakdir untuk orang yang sangat dekat dengan kehidupan kita sendiri. Berbagai macam potret kematian itu sebagainnya mungkin hanya kita anggap sebagai angin lalu, tapi sebagian lainnya cukup dapat menghentak perhatian kita, meski hanya untuk beberapa waktu. Setiap jiwa akan merasakan mati, olehnya itu, satu-satunya kepastian dalam kehidupan, justru adalah kematian itu sendiri. Dialah sebaik-baik nasihat yang dapat menyadarkan kita bahwa hidup memang tak selamanya, serta menyolek nurani kita untuk kembali menengok sejauh mana perbekalan yang kita kumpulkan untuk perjalanan panjang setelah kematian.

Nah, lomba ini mengajak kamu untuk mengikat makna yang terserak dari berbagai macam potret kematian di sekitar kita. Agar kita dapat mengambil jeda dan melihat fenomena ini dengan lebih jelas bahwa kematian justru hanya bermakna bagi kita; manusia yang masih diberi kehidupan.

Ketentuan lomba:

  1. Lomba terbuka untuk umum.
  2. Panjang Naskah 3-4 halaman (TNR 12, ukuran kertas A4, spasi 1,5).
  3. Naskah merupakan karya asli penulis, bukan saduran, dan belum pernah diterbitkan di media manapun.
  4. Naskah berkisah tentang potret kematian yang ditemukan penulis dalam kehidupan sehari-hari. Ditulis secara naratif dengan bahasa ringan dan mudah dipahami (a la chicken soup)
  5. Naskah dikirim ke email: potretkematian@gmail.com dalam bentuk lampiran dengan format subjek PK_Judul naskah_Nama penulis. Sertakan biodata naratif maksimal 250 kata di akhir naskah. Email balasan menunjukkan bahwa naskah sudah diterima oleh penyelenggara.
  6. Peserta hanya boleh mngirimkan satu naskah terbaiknya.
Hadiah
Juara I : paket buku senilai Rp 150rb + souvenir khas Makassar
Juara II : paket buku senilai Rp 100rb + souvenir khas Makassar
Juara III : paket buku senilai Rp 50rb + souvenir khas Makassar
Peserta pertama yang mengirimkan naskahnya mendapat paket buku juga.
(ayo siapa lagi yang mau jadi sponsor?? heheu..)

25 naskah terbaik InsyaAllah akan diusahakan untuk diterbitkan di penerbit major. Atau bila tidak memungkinkan, akan diterbitkan secara indie. Royalti akan disumbangkan untuk saudara2 kita di Palestina melalui komunitas MP for Palestine* (mp4p.multiply.com)

Lomba ini dimulai sejak tanggal 11 September 2011 dan berakhir pada 25 September 2011 pukul 23.59 WIB. Pengumuman pemenang pada tanggal 9 Oktober 2011 melalui postingan FB/blog penyelenggara. Keputusan juri bersifat mutlak, tidak dapat diganggu gugat.

Penyelenggara:

Diena Rifa’ah (megalotus.multiply.com)
Sari Yulianti (akuai.multiply.com)

75 responses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s