Being Forest Ranger: Jalan Lain Ke Kalimantan

Selalu ada sepotong hutan di rumah kita. Sebut saja perabot kayu, tissue, kertas, madu hutan, kopi luwak, dan lain sebagainya. Terlalu seringnya kita menggunakan atau mengkonsumsi produk–produk tersebut, terkadang kita lupa bertanya dari mana asal produk itu dan apakah mereka dihasilkan dari pengelolaan produksi yang baik.

WWF-Indonesia melalui program Global Forest & Trade Network (GFTN) mengajak Anda bercerita tentang keseharian Anda menjadi konsumen cerdas ketika memilih produk kayu atau mencari alternatif produk–produk lain yang ramah lingkungan demi menjaga kelestarian hutan.

Hutan tropis Indonesia yang selama ini dibanggakan bisa jadi jaraknya sangat jauh dari rumah Anda,. Namun, aksi keseharian Anda sesungguhnya mampu menentukan masa depan hutan kita. Kami percaya semua orang bisa jadi “Penjaga” hutan atau “Forest Ranger”!

Caranya:

  1. Tuliskan kegiatan sehari-hari Anda yang dapat berkontribusi terhadap kelestarian hutan (misal: mengurangi pemakaian surat dengan menggunakan fasilitas email, dan lain sebagainya). Tidak hanya itu, kami juga ingin mendengar ide–ide kreatif Anda sebagai bentuk kontribusi Anda dalam menjaga hutan.
  2. Kegiatan-kegiatan tersebut diabadikan dalam rangkaian fotoyang kemudian dilengkapi dengan cerita tentang apa yang ingin Anda sampaikan melalui foto tersebut.
  3. Tulis cerita ide kreatif Anda di blog mulai 7 November 2011. Batas akhir kompetisi adalah 9 Desember 2011 pukul 23.00 WIB. Kirim link blog Anda ke staff komunikasi GFTN Dita Ramadhani (dramadhani@wwf.or.id) sebelum batas akhir yang ditentukan bersamaan dengan biodata singkat (nama lengkap, alamat, pekerjaan, tanggal lahir, no. telp, e-mail dan foto terbaru serta scan kartu identitas).

Kriteria Penilaian:

  1. Foto dan ide disampaikan dengan kreatif (klik link berikut sebagai contoh). Karya Anda harus original (asli) dan bukan plagiat. Mengutip buku, website, video, film, dan lain – lain (termasuk dari WWF-Indonesia) sebagai sumber inspirasi Anda diperkenankan dengan menyebutkan copyright atau asal materi.
  2. Cerita dan ide yang masuk harus sesuai dengan tema “Being Forest Ranger” dan terkait dengan tiga produk andalan dari kayu (perabot kayu, tissue dan kertas)
  3. Bahasa cerita sederhana, jelas dan mudah dimengerti
  4. Blog ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar
  5. Ide yang disampaikan dapat menginspirasi orang lain menjadi “Forest Ranger” dan bisa memotivasi orang lain dalam melakukan green life style
  6. Blog milik perorangan, bukan komunitas atau kelompok
  7. Panitia hanya menerima blog dengan minimal 10 ide/ postingan mengenai bagaimana Anda bisa menjaga hutan kita.
  8. Kompetisi terbuka bagi Warga Negara Indonesia yang berumur 18 – 35 tahun (dibuktikan dengan KTP, paspor, kartu mahasiswa atau SIM). Staff WWF-Indonesia tidak diperkenankan berpartisipasi sebagai peserta kompetisi
  9. Copyright setiap foto hasil jepretan peserta dan isi blog yang terkait dengan kompetisi ini menjadi milik peserta. Panitia (WWF-Indonesia) memiliki hak untuk mempublikasikan blog tersebut dengan memberikan info copyright pemilik blog.

Tiga blog paling kreatif akan menerima hadiah sertifikat, T-Shirt dan merchandise dari WWF. Pemenang pertama memperoleh kesempatan jalan–jalan ke hutan Kalimantan.

Photo Blogger terbaik akan diumumkan di website WWF-Indonesia tanggal 14 Desember 2011.

Keputusan panitia mengenai pengumuman pemenang adalah final dan tidak dapat diganggu gugat. Tidak ada korespondensi setelah pengumuman.

Kirim pertanyaan Anda atau info lebih lanjut mengenai kompetisi ini ke Dita Ramadhani (dramadhani@wwf.or.id) atau no telp. (021)7829461 ext. 411.

*infonya dari sini ^o^

10 responses

  1. mylathief said: Jalan2 ke kalimantan? Wah. :)fotonya gmana?

    lah, kan dirimu udah di kalimantan. tinggal loncat aja ke hutan2nya, om :Dada di link di atas contohnya. intinya sih bikin photo story gitu. ada banyak foto yg menggambarkan kegiatan forest ranger..

  2. aku ada rencana “gila” dengan seorang sahabat pertengahan tahun depan. kita mau ngebolang. nanti kamu kubawain oleh2 deh, insyaAllah. tapi rencananya batal kalo salah satu dari kita nikah sebelum juli. *otomatis oleh2nya juga batal di, hyahaha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s