Dicaeum trochileum

Sepulang mengajar, aku menemukan burung cabe jawa bertengger di atas pohon di halaman parkir sekolah. Tak kusangka indera penglihatanku masih cukup jeli menangkap burung berukuran sekitar 8 cm itu. Warna merah di bagian kepalanya menandakan bahwa burung itu berjenis kelamin jantan. Wow, aku semakin takjub pada kemampuan identifikasiku sendiri. Mengingat sudah lamaaa sekali rasanya aku tak bergelut dalam aktivitas pengamatan burung.

Cabe Jawa (Dicaeum Trochileum) bisa dibilang adalah common bird. Jika aku ngabur (singkatan untuk kegiatan pengamatan burung) bareng teman2, mungkin burung itu tak masuk list burung yang dicari. Jumlahnya masih cukup banyak. Burung itu mudah ditemukan hinggap di atas pohon mangga atau jambu. Suaranya dan gaya terbangnya yang khas membuatnya semakin mudah untuk dikenali.

Sore itu aku kembali merasa jerih. Apakah ilmu biologiku ini tak berguna? Rasanya meski sudah mencoba untuk mengamalkan ilmu lewat kegiatan mengajar, masih terasa ada yang kurang. Tapi aku sadar bahwa pilihan telah kutetapkan. Aku tak dapat bergerak lebih jauh dengan dunia biologi yang dulu menemani masa-masa kuliahku.

Dan menulis tentang burung itu, meski belum sempurna disebut artikel ilmiah populer, setidaknya menjadi penghibur untuk diriku sendiri. Bahwa mungkin aku dapat memanfaatkan ilmuku untuk menulis dan berbagi tentang kekayaan alam Indonesia. Jika yang tak merasakan duduk di bangku kuliah jurusan biologi saja bisa menulis dengan amat lihai tetang itu, mengapa aku tidak?

.
.
.

sumber foto dan deskripsi lebih lanjut: di sini


***
di balik 3 jendela,
26 Januari 2012 pk. 12.30 wib
pelan-pelan saja!

One response

Leave a Reply

