Goresan Menjelang Shubuh (2)

Adalah aku, yang kemudian kembali berpikir tentang alam ini, tentang makna penciptaanku di bumi. “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku.” Firman Allah dalam Surat adz Dzaariyat: 56 itu terngiang-ngiang di kepala. Mengingatkan. Hingga lahirlah sebuah tanda tanya besar: sudah sejauh mana kau menyerahkan seluruh jiwa ragmu untuk beribadah kepadaNya, Ai?

Lantunan ayat-ayat suci yang diputar dari sudut langgar dekat rumahku masih terdengar nyaring dan syahdu. Melewati gendang telingaku, terus masuk melalui tulang martil, landasan, sanggurdi, menuju koklea hingga setiap syaraf-syaraf pendengaran menyampaikan pesannya pada otak yang siap menerjemahkannya. Sang otak pasti jua mengerti bahwa mata ini mulai lelah. Ratusan paku seolah menusuk-nusuknya. Dan rasa sakit itu terbawa hingga kepala, hingga perut, hingga tubuh ini terasa begitu lemah.

Seketika aku merasa begitu malu. Mungkinkah jasad yang lemah ini disebabkan hati yang juga rapuh, Yaa Allah? Betapa memperbincangkan persoalan umat terasa begitu berat. Lebih asyik membahas tentang aku, kamu, dia, mereka, yang mewarnai keseharianku yang biasa saja. Betapa jauh apa-apa yang kulakukan dibandingkan dengan para penyeru dakwah yang istiqomah menyampaikan kebenaran dengan caranya masing-masing.

Maka, persoalan al kahfi, JIL, serta paham-paham sesat lainnya seharusnya tak lantas membuat diri ini menyerah atau justru memilih untuk tidak peduli. Karena sesungguhnya ini hanya secuil permasalahan yang kuketahui. Karena nyatanya masih banyak lagi yang harus disikapi. Dengan ruhiyah, yang kokoh, pemahaman yang benar,
dan tentu saja fisik yang tahan banting.

ighfirly, yaa Rabb..

***
di balik 3 jendela,
17 Februari 2012 pk. 04.35 wib
intansurullaha yansurkum wayutsabbit aqdaamakum..

One response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s