Goresan Menjelang Shubuh (3)

“Wahai sekalian manusia, sebarkan salam, beri makan orang miskin, dan shalatlah di malam hari ketika orang-orang tengah lelap tidur. Dengan demikian, kalian akan masuk surga dalam keadaan sejahtera.” -HR Turmudzi

Hadits di atas hanya pembuka. Betapa bertaqarrub kepada Allah memang menjadi terasa begitu nikmat ketika dilakukan di dua pertiga malam yang sunyi. Saat itulah kita merasa begitu dekat sekaligus tampak begitu lemah di sisi Allah.

Dan di dua pertiga malam itu, salah satu momen yang paling kusuka adalah suara kokokan ayam yang bersahut-sahutan. Suara lantangnya bahkan mendahului suara kaset yang diputar langgar dekat rumah, setiap hari menjelang shubuh. Adalah pertanda baik manakala kokokan ayam itu memecah kesunyian malam. Semoga benarlah bahwa malaikat tengah turun, mencatat setiap doa yang terlantun lirih, kemudian menyampaikannya secara khusus kepada Allah SWT.

Menjelang shubuh kali ini, aku ditemani sebuah buku berjudul TARBIYAH RUHIYAH. Buku yang tipis namun sarat makna. Buku tersebut berisi tentang tuntunan menuju derajat tertinggi yaitu ketakwaan kepada Allah SWT. Sepanjang membaca buku itu, pikiran kembali mengangkasa. Membayangkan apa saja yang telah dilakukan, menimbang-nimbang manakah amal yang lebih banyak dikumpulkan, keburukan atau kebaikan? Juga tentang kesadaran untuk ikhlas dalam meniti jalan ketakwaan.

Bahwa semua yang kulakukan hanya untuk Allah.
Bahwa setiap jejak-jejak kebaikan yang kuukir karena Allah.
Bahwa yang kuharapkan hanyalah keridhaan Allah.

Maka, ampuni aku, Yaa Ghofur, atas setiap niat yang tak tulus, atas setiap upaya perbaikan yang dilakukan bukan karena-Mu.

***
di Balik 3 Jendela,
18 Februari 2012 pk. 04.31 wib
istiqomahkan aku di jalan-Mu Yaa Rabb..

One response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s