Persahabatan dan Cinta Bersyarat

“Bukankah lucu jika persahabatan harus memiliki sebuah alasan?
Lebih lucu lagi karena sebuah hubungan pertemanan bisa putus begitu saja hanya karena alasan itu sudah tidak lagi eksis.”

Kutipan itu diambil dari novel Refrain halaman 276. Tentu akan terasa lebih baik jika mengetahui apa yang melatarbelakangi hingga kalimat itu tertuliskan. Kutipan itu berawal dari Niki, tokoh dalam novel tersebut, yang merasa sedih karena jarak yang membentang antara dia dengan teman-teman cheers-nya. Mereka yang dulu saling sapa dan bisa dengan enjoy berbagi cerita tentang banyak hal kemudian menjadi tampak asing setelah Helena -sang ketua cheers- menikamnya dari belakang. Maka, bolehlah aku menyimpulkan bahwa sang penulis ingin menyampaikan bahwa nyatanya, persahabatan itu bersyarat.

Tidak ada persahabatan yang tak bersyarat. Yang ada adalah kita yang belum mengetahui alasan dibalik persahabatan itu terbentuk. Bisa jadi karena kesamaan hobi, nasib, tingkah laku. Tapi toh tak jarang pula kita temukan dua sahabat yang memiliki karakter berbeda satu sama lain. Dan berbahagialah kita apabila pertemanan itu terbangun karena adanya kebermanfaatan di dalamnya. Saling memberi, berbagi kebaikan. Tak ada yang boleh tersakiti. Lukamu adalah lukaku.

Lalu bagaimana dengan cinta?

Nyatanya, cinta pun menuntut syarat jika ingin benih-benihnya dapat bersemi indah. Dan Imam Nawawi, dengan sangat sederhana memberikan contoh mengenai syarat dalam hal mencintai itu. Ia berkata, “Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu, jika kau hilangkan agama dalam dirimu, hilanglah cintaku padamu.”

***
Di balik 3 jendela,
18 Mei 2012 pk. 19.55 wib
Tanpa footnote

13 responses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s