Batik & Kondangan

Sebenernya sih setiap pekannya pasti ada aja yang mengadakana acara resepsi pernikahan. Permasalahannya kan cuma kita kenal atau nggak? Heheu. Atau kalau disebut makin tambah usia kita, maka makin sering tuh undangan pernikahan bertebaran. *Tapi ini berlaku buat muda-mudi kayak saya aja kali yaa? Masa’ yang udah emak2 mau dapet undangan dari temannya juga, jangan-jangan… Jangan-jangan yang nikah itu anaknya maksudnya (bukan suaminya kan yaa bu? #eh diperjelas :P)

Sejak awal bulan lalu, dan menjelang bulan Ramadhan ini -yang katanya jadi musim penghabisan, pengennya bulan puasa udah ganti status, hahay- undangan pernikahan yang datang buatku makin numpuk aja. Bahkan udah ada yang woro-woro untuk pernikahannya bulan Juli nanti, pas milad saya pula! *asiiik, sekalian syukuran, wkwk*

Yang meresahkan tentu bukan (hanya) soal hadiah apa yang akan diberikan kepada sahabat atau saudara yang menikah. Kalau itu harusnya nggak usah terlalu dipikiran yaa.. Meski kalo nikahannya akhir bulan, aku tetap mikir2 juga, hehe). Tapi biasanya kaum hawa suka pusing soal penampilannya, “pakai baju apa yaa??”

Kalau punya banyak baju sih nggak papa. Nah, kalo nggak mama gimana? Wehehe.. maksudnya, kalo persediaan baju di lemari menipis (bahasa halus dari sedikit :P) gimana dong? Ah, yang namanya gengsi emang gede dan ujung2nya bisa bikin stress sendiri. Makanya, di sela2 mengajar, aku pernah ngobrol sama temen soal ini, dan dia bilang temennya itu sampai beli baju dulu sebelum kondangan. Wews.. boros amat yaa?!

Buatku yang seneng matematika dan ingin mengaplikasikan materi tentang kombinasi (baca: nggak punya banyak duit), maka yang perlu dilakukan adalah membuat strategi agar penampilan jadi terlihat baru. Apalagi buat para jilbaber, ini mah gampag banget. Secara kan potongan pakaian kita banyak yah: jilbab, baju, rok, kaos kaki, manset, bros, dll. Bandingkan dengan cowok yang cuma punya dua pilihan: menganti celana atau kemejanya aja. #perhitungan😛

Nah, udah lima paragraf tertuliskan, saya baru inget kalau judul jurnal ini adalah batik dan kondangan. Tapi nggak sekalipun kata batik disbutkan. Baiklah, mari kita bahas sekarang. Yaph, batik, sebagai warisan budaya bangsa ini emang kostum sejuta umat tiap kali dateng kondangan. Untungnya warnanya beda-beda. Motifnya pun beraneka.

Paling enak punya batik yang warnanya banyak. Jadi tinggal gonta-ganti jilbab atau roknya aja. Makanya kalo belanja juga mikir2 yah.. Jangan asal keliatan unyu tapi ternyata nggak bisa dikombinasikan dengan yang lain. Lagi-lagi kalo budget buat belanja pakaian terbatas sih.. *ini jurnal kalo disebut tips pasti nggak banget deh, karena yang bisa menerapkan tipsnya amat terbatas: yang kere aja :))

Tapi gimana yaa kalo dalam sebuah acara kondangan, undangan yang hadir serempak pake batik yang sama, warna dan motifnya (kayak gambar di bawah ini, misalnya). Kalo saya sih hanya bisa bilang: Ayo Benahi Jakarta. Wahaha…

***
di balik 3 Jendela,
3 Juni 2012 pk. 10.11 wib
H4pPy SunD4y

yang mau pesan batiknya, bisa japri ke saya, wkwk..

21 responses

  1. beautterfly said: Oalah, akhirnya jualan.Keren deh jurnal ini. Tulisannya enak dibaca, ngalir*ga pesen batik malah komen tulisan, wkwkwk

    iya, pas nulis juga tumben nih lagi mengalir banget, gak pake edit2 plus mikirin bahasanya harus kek gimana.jadi, mba, batik yang perempuan harganya 55rb, yang pria 45rb aja. berminat? #lanjutjualan😛

  2. akuai said: iya, pas nulis juga tumben nih lagi mengalir banget, gak pake edit2 plus mikirin bahasanya harus kek gimana.jadi, mba, batik yang perempuan harganya 55rb, yang pria 45rb aja. berminat? #lanjutjualan😛

    *langsung kaburrrrhihihihihi

  3. indev said: Eh, warna coklat yah?*buka pake hape, jadi agak” ga jelas*aku jarang ngebatik klo kondangan.

    aku punya beberapa batik, tapi gak dipake pas kondangan juga. kadang ngajar juga pake batik :Pwarnanya oren vi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s