Kamu Kapan Menikah?

“Maunya 24 sudah menikah biar nanti anak-anakku nanti nggak beda jauh sama aku,” ujar Asmirandah saat ditemui usai acara High End di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (12/4/2012) malam.
–sumber: DETIK.COM

Chika berharap bisa menikah secepatnya, “Ya kalau bisa nggak lebih dari 25 tahun. Biar nggak ketuaan,” tegas gadis yang kini berusia 24 tahun itu.

–sumber: KAPANLAGI.COM

Terri Orbuch, PhD dalam bukunya Five Simple Steps to Take Your Marriage From Good to Great mengatakan bahwa ada ‘magic number’ bagi wanita yang ingin memutuskan untuk menikah. Saat umur 20-an, wanita membagi kepentingannya menjadi dua garis besar yakni pendidikan dan uang. Angka terbaik sebetulnya adalah 25, dimana wanita mungkin saja sudah mendapatkan keduanya, yaitu pendidikan dan karir.
–sumber: TRIBUNJOGJA.COM

Pada dasarnya tak ada hal yang khusus dengan usia 25. Saya hanya merasa 25 adalah usia produktif. Jika segera punya anak maka selisih umur orang tua dan anak tidak signifikan. Jadi masih bisa bercanda-canda dengan anak. Pada usia 25an biasanya orang sudah menuntaskan kuliah dan sudah kerja untuk setidaknya 2 atau 3 tahun. Jadi seharusnya kita sudah matang secara mental dan materil pada usia ini.

–sumber: 2rgorontalo

Teman-temanz.. aku lagi survei kecil-kecilan nih. Mau tanya deh, dulu punya targetan kapan menikah nggak? Usia berapa sih biasanya wanita atau pria memutuskan untuk menikah? Terlepas jodoh itu sudah jadi ketetapan Yang Maha Kuasa, yang mungkin akan mendahului atau justru melewati rencana yang sudah dibuat, tapi pastinya ada dong targetan yang ingin dicapai?

Boleh yaa di-share di mari.. Terima kasih banyaaaaaak

133 responses

  1. akunovi said: Pengen bs sesuai peta hidup. Tapi apa org yg meleset dgn target itu tidak bener2 berikhtiar? Gak ada yg tahu persis ikhtiar org itu dan menurutku, segala sesuatunya dikembalikan kepada Allah….

    makanya setelah ikhtiar ditempatkan tawakal…pernikahan itu gak tabu untuk diperjuangkan…karena pernikahan termasuk rizki yang Allah tetapkan bersanding dgn amal, ajal, nasib baik/buruk…

  2. akinaspeedstar said: makanya setelah ikhtiar ditempatkan tawakal…pernikahan itu gak tabu untuk diperjuangkan…karena pernikahan termasuk rizki yang Allah tetapkan bersanding dgn amal, ajal, nasib baik/buruk…

    siap!! #eh :Dbtw, kata2 temen2 di komen jurnal ini bagus2. izin buah pemikirannya nanti aku poles trus jadi dialog dalam ceritaku yaa… tapi mungkin akan jadi seperti dialog antara aku dengan nenek2 atau kakek2 gitu. weheheh.. #kidding😛

  3. Target nikahku abis SMA, biar kuliah bareng suami, lulus 17 taun… 18 tahun udah target mau nikahJatuh bangun berproses dgn brbagai macam jenis -_-‘ apadeeeh sampe akhirnya qadarullah nikah 23 hehee

  4. azizrizki said: dulu pengennya umur 23brarti itu taun 2008eh mleset jauhhhhjadinya nikah taun 2011umur 26hehe

    Nggak meleset jauh kok, menurutku pas ^_^ Aku juga dulu pengennya 23, dan di Tahun ini sedang menanti jodoh hehehe …

  5. Saya setuju kalau pernikahan nggak tabu untuk diperjuangkan🙂 Saya ngerti hal itu. Ai pun akan sangat paham kalau saya ngomong seperti ini.Maksud saya seperti tulisan saya sebelumnya. Bagaimana kalau kenyataannya tidak sesuai peta hidup? Apa bisa dibilang karena dia tak berusaha dan berdoa untuk memperjuangkan pernikahan? Nggak kan? Gitu, lho.Jalan hidup tiap orang untuk mendapatkan jodoh pasti berbeda-beda. Saya cuma nggak pengen orang men-judge macam2 kepada orang yg belum mendapatkan jodoh karena ia nggak berjuang. Perjuangan untuk itu juga nggak perlu diperlihatkan terang2an.Saya pernah denger, orang bisa sampai puluhan kali berusaha hingga yang ke-21 akhirnya berhasil. Wallahu a’lam

  6. Btw, pernah diskusi sama suami. Nikah sama kriteria, bukan sama orang dlm arti harus orang tersebut karena berbagai alasan. Mungkin bs jadi masukan :)Ngerti maksudnya, Ai? Kalau nggak ngerti, pegangan :DKapan2 deh nulis. Hadeuh, 2 aja janjiku di sini -_-

  7. akunovi said: Saya setuju kalau pernikahan nggak tabu untuk diperjuangkan🙂 Saya ngerti hal itu. Ai pun akan sangat paham kalau saya ngomong seperti ini.Maksud saya seperti tulisan saya sebelumnya. Bagaimana kalau kenyataannya tidak sesuai peta hidup? Apa bisa dibilang karena dia tak berusaha dan berdoa untuk memperjuangkan pernikahan? Nggak kan? Gitu, lho.Jalan hidup tiap orang untuk mendapatkan jodoh pasti berbeda-beda. Saya cuma nggak pengen orang men-judge macam2 kepada orang yg belum mendapatkan jodoh karena ia nggak berjuang. Perjuangan untuk itu juga nggak perlu diperlihatkan terang2an.Saya pernah denger, orang bisa sampai puluhan kali berusaha hingga yang ke-21 akhirnya berhasil. Wallahu a’lam

    setuju mba nooopppp bb^^dd *dua jempol lagi minjem punya ai* :p

  8. akunovi said: Btw, pernah diskusi sama suami. Nikah sama kriteria, bukan sama orang dlm arti harus orang tersebut karena berbagai alasan. Mungkin bs jadi masukan :)Ngerti maksudnya, Ai? Kalau nggak ngerti, pegangan :DKapan2 deh nulis. Hadeuh, 2 aja janjiku di sini -_-

    nunggu tulisan mba nop…ahik… :))

  9. kopiradix said: dulu inginnya umur 30 tahun udah nikah tapi sekarang malah bablas sampai umur 35 gak nikah2 juga :(kemarin sempat ditolak sih

    hehe.. semangat pantang munduuur ^^b

  10. cinderellazty said: Target nikahku abis SMA, biar kuliah bareng suami, lulus 17 taun… 18 tahun udah target mau nikahJatuh bangun berproses dgn brbagai macam jenis -_-‘ apadeeeh sampe akhirnya qadarullah nikah 23 hehee

    aku tuh waktu pertama kali denger anty cerita bener2 terkejut loh.. umur segitu aku masih unyu2 banget, gak kepikiran nikah sama sekali :))

  11. srisariningdiyah said: planning 25, jadi 26 dah punya anak deh…eh kenyataannya nikah 35 punya anak jelang 37, xixixiix insya Allah jelang 38 melahirkan lagi deh, aminnnn

    aamiin… pengen ngikutin catatan kehamilan mba arie lagi ^^

  12. indev said: Targetnya sih umur 25. Saat ini belum genap usia 23.HohohoTambahan ide buat novel yah….. XixixixiSemangat ka ai.

    hooo.. jalanmu masih panjang yaa nak :Piyaa, lagi bingung nentuin umur. halah.

  13. akunovi said: Saya setuju kalau pernikahan nggak tabu untuk diperjuangkan🙂 Saya ngerti hal itu. Ai pun akan sangat paham kalau saya ngomong seperti ini.Maksud saya seperti tulisan saya sebelumnya. Bagaimana kalau kenyataannya tidak sesuai peta hidup? Apa bisa dibilang karena dia tak berusaha dan berdoa untuk memperjuangkan pernikahan? Nggak kan? Gitu, lho.Jalan hidup tiap orang untuk mendapatkan jodoh pasti berbeda-beda. Saya cuma nggak pengen orang men-judge macam2 kepada orang yg belum mendapatkan jodoh karena ia nggak berjuang. Perjuangan untuk itu juga nggak perlu diperlihatkan terang2an.Saya pernah denger, orang bisa sampai puluhan kali berusaha hingga yang ke-21 akhirnya berhasil. Wallahu a’lam

    itu mungkin yang dimaksud dengan tawakal-ikhtiar-tawakal..Allah dulu, Allah lagi, Allah teruuuus ^^b

  14. akunovi said: Btw, pernah diskusi sama suami. Nikah sama kriteria, bukan sama orang dlm arti harus orang tersebut karena berbagai alasan. Mungkin bs jadi masukan🙂

    maksa banget yah kalo gitu. sip sip..makasih udah berbagi, mba🙂

  15. aku target nikah sebelum 30..eh ternyata nikahnya pas saat umur 30. untuk menyiasati agar nanti g terlalu ktinggalan update pergaulan anak2 krna rentang usia yg cukup jauh. maka cari istri yg umurnya relatif jauh lebih muda (istri 21 th) ..hehehe

  16. @butikjilbabOooh :DLucu juga cara menyiasatinya, ya, hehe.Kalau gitu, harusnya suamiku lebih muda biar bs update pergaulan anak-anak nanti😀 Dan emang beneeer, hehehe

  17. butikjilbabcantik said: aku target nikah sebelum 30..eh ternyata nikahnya pas saat umur 30. untuk menyiasati agar nanti g terlalu ktinggalan update pergaulan anak2 krna rentang usia yg cukup jauh. maka cari istri yg umurnya relatif jauh lebih muda (istri 21 th) ..hehehe

    awalnya kukira yang komen ini mba agie. tapi kok targetnya 30 tahun? ohoho.. ternyata oh ternyata…ciee… jadi nyari istri yang jauh lebih muda itu sengaja yaa? wehehhe..

  18. akunovi said: @butikjilbabOooh :DLucu juga cara menyiasatinya, ya, hehe.Kalau gitu, harusnya suamiku lebih muda biar bs update pergaulan anak-anak nanti😀 Dan emang beneeer, hehehe

    uhuuuy.. ada yang curcol😀

  19. butikjilbabcantik said: Target dan keinginan itu sma g ya?

    dulu itu aku nyebutnya target, cak. tapi emang lebih pas disebut keinginan sih. karena di usia 23 dulu itu juga gak melakukan usaha apa2😀

  20. kata temenku, dulu pas aku SMA pernah bilang klo pengen nikah pas umur 23. tapi aku lupa klo pernah bilang kyak gitu. :))))))alhamdulillah udah nikah pas umur 22. ^^

Leave a Reply

