Ramadhan: Mega Productivity Tip

Assalamu’alaikum,

Before I share with you tips to tackle your productivity challenges during Ramadan, here’s a MEGA-productivity tip to help you focus during Ramadan:

Complete ALL your eid shopping BEFORE Ramadan!

Pretty easy, right? You’ll save yourself tons of time (and money), and you’ll have lots of time in the last 10 nights of Ramadan to focus on worship rather than rushing to shop for Eid!


Belum lama ini, aku mendapat email dari productivemuslim.com dengan judul “Avoid the Eid Rush and Shop Before Ramadan!. Pesan yang sama, juga disampaikan dalam pengajian yang kuikuti pekan lalu. “Kalau bisa, belanja kebutuhan pokok, pakaian, mukena, kue-kue, dilakukan sebelum Ramadhan yaa. Jangan sampai momen sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan justru digunakan untuk belanja ini itu,” ujar sang ustadzah.

Kita tentu tahu bagaimana tradisi negeri ini ketika menyambut Idul Fitri. Masjid yang semakin sepi terasa kontras sekali dengan pusat perbelanjaan yang tampak ramai. Ah, jangan-jangan, kitapun menjadi bagian di antara orang-orang yang berjubel itu? Meninggalkan momen terbaik Ramadhan hanya untuk membeli baju baru untuk dipakai saat Lebaran nanti.

“Tapi budget-nya belum ada kalau belanja sebelum Ramadhan,” kata temanku. “Nggak diskon pula,” tambah yang lain. Soal budget, sebenarnya bukan belum ada, tapi tidak dipersiapkan. Ada sebagian orang yang akhirnya menunggu waktu THR tiba. Yah, inipun menjadi teguran tersendiri bagi sesiapa yang ingin memberi THR. Bukankah lebih baik diberikan di awal bulan? Atau justru sebelum Ramadhan saja sekalian. Emm, tapi kalau begitu namanya bukan Tunjangan Hari Raya lagi yaa??

Dan iming-iming diskon besar memang terasa begitu menggoda. Mulai dari kebutuhan pokok sampai pakaian, semua memberikan harga miring. Tapi kalau ditilik lebih jauh, banyak juga kok yang sebelumnya menaikkan harga jual barang untuk kemudian diberi label diskon. Jadi kalau mau dihitung-hitung yaa nggak akan jauh beda juga harganya. Lagipula, kenapa justru kita nggak tertarik dengan pahala yang berlipat-lipat yaa? Hmm…


Esok, kita sudah memasuki bulan Sya’ban, kawanz..
Tak terasa kita semakin dekat dengan bulan suci Ramadhan. Apakah kita siap menjalankan tip tersebut?

***
ruang tengah,
20 Juni 2012 pk. 07.35 wib
waiting for July… waiting for Ramadhan.

gambar dari FB-nya Amal ^^

27 responses

  1. jaraway said: jadi kangen ama pertanyaan..”kita i’tikaf di mana ini jar?”hihihi =D

    hwaa.. jadi inget, tadinya mau tambahin obrolan tentang itikaf. gegara materi persiapan Ramadhan itu, temenku cerita kalo semasa lajang dan masih freelance dulu, dia pernah sukses dengan program 10 hari itikaf di masjid.mendengar cerita itu beneran mupeng. jadilah sepulang ngaji itu aku izin sama ayah, mau itikaf full 10 hari juga, etapi gak dapet izin. huhu… tapi perempuan kan emang nggak diwajibkan itikaf di masjid yah.. cuma kalo ngerasain suasana itikaf di masjid tuh rasanya emang beda bangget!

  2. hehe.. baru sukses 7 hari doang.. gegara dapet di 3 harinya.. =Demang udah nargetin begitu si Ai.. full ga balik2 ke rumah.. jadi bawaannya buaaaaaanyaaaaaakk =))tahun kemarin mau gitu tapi baru sehari i’tikaf kepleset di kamar mandi masjid sobek musti jahit 10…ekekek.. ga dibolehin i’tikaf deh ama ibu =Dkan maemnya musti yang alus2.. hihihi

  3. jaraway said: hehe.. baru sukses 7 hari doang.. gegara dapet di 3 harinya.. =Demang udah nargetin begitu si Ai.. full ga balik2 ke rumah.. jadi bawaannya buaaaaaanyaaaaaakk =))tahun kemarin mau gitu tapi baru sehari i’tikaf kepleset di kamar mandi masjid sobek musti jahit 10…ekekek.. ga dibolehin i’tikaf deh ama ibu =Dkan maemnya musti yang alus2.. hihihi

    oalaaah.. jadi 10 jahitan itu gegara kepeleset di kamar mandi? lebih keren aku dong yaa, gegara jatuh yang heroik. mwahaha… :|aku gak pernah lebih dari 3x kalo itikaf. soalnya mesti bagi2 jadwal sama adek.😀

  4. wib711 said: idenya menarik…. tapi dollar saat ini sedang menguat, rupiah melemah kembali.. jadi keinginan untuk belanja ditahan karena ga ada hepeng :p

    lalu, apakah pas menjelang lebaran nanti dollar melemah, om? ^^

  5. faraziyya said: terakhir, i’tikaf cm ngambil maghrb-dhuhabgtu trs. krn ya gantian juga. tp alhamdulillah bgtu juga :-)biasanya km i’tikaf dmn?

    aku itikaf di masjid attaqwa pasming atau attin. pernah juga di al ikhlas jati padang dan BI. ramadhan ini (insyaAllah kalo ada umur) pengen jelajah masjid yang lain ^^

  6. dyasbaik said: waaahh… reminder ini…btw, ai… jadi mau ketemu sabtu tgl 30 di pbj?

    tapi sabtu ada kopdar MPID, yas. mau mampir ke kopdar dulu gak? ketemu lebih banyak orang lagi deh..

  7. cinderellazty said: Heihei temaans, kita I’tikaf di mesjid UI aja yok, gak bs jauh2 euy…#nyari temen mode on😀

    sekarang UI udah ngebuka itikaf buat akhwat yaa? hmm… justru kedeketan buatku nty #ehsip sip nanti dipertimbangkan. masalahnya aku mesti bagi2 jadwal sama adek juga ^^a

  8. Xixixi… sengaja aku manggil seperti itu, biar kamu ga langsung tau klo itu aku. Eh, ternyata gampang ketauan jg ya? Hm… klo gitu, lain x manggil kamu Jeung Anti saja *eh (•ˆ ▽ ˆ•)aku itikaf di masjid attaqwa pasming atau attin… wah, Ramadhan tahun lalu kamu mampir ke At-tiin, Ai? Sayang ya, nggak ketemu *belum saling kenal mungkin tahun lalu. Aku sempet bukber beberapa x di sana, bukan i’tikaf sih, hehe.

  9. jiaah.. bagaimana aku bisa lupa? akunmu kan udah kukenali sejak dirimu ikutan lomba duo aku dulu, lupa yaa?hmm.. aku bukber di attin cuma sekali, sekalian i’tikaf di sana. mau nyoba i’tikaf tahun ini gak mba?

  10. Ahehehe… ternyata kamu masih ingat ya, Miss Bolank? Kukira kamu udah lupa akunqu, kan udah setahun yg lalu. Hehe… sorry <(^.^) By the way, i’tikaf itu 24 jam tinggal n beribadah di masjid ya? *sorry nanya, daku belum pernah soale (。◕‿◕。)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s